Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Nasional

Rabu, 22 Juli 2020 - 23:46 WIB

Dapat Predikat WTP, Kapolri Siap Tindaklanjuti Rekomendasi BPK

 

Kapolri Jenderal Idham Azis saat menerima predikat WTP dari BPK

Jakarta, Sekilasmedia.com —Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melakukan audit keuangan Polri tahun anggaran (TA) 2019 terhadap 20 Satuan Kerja (Satker) di tingkat Mabes Polri selama 100 hari kerja yang dimulai sejak tanggal 27 Januari hingga 12 April 2020. Hasilnya, BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) karena Polri dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Kapolri Jenderal Idham Azis saat exit meeting pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Polri TA 2019 di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/7)
menyampaikan, meskipun BPK memberikan opini WTP terhadap Polri namun pihaknya siap menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan oleh pengawas keuangan negara itu.

“Polri siap menindaklanjuti rekomendasi dan telah membuat rencana aksi serta kewajiban para Kasatker dan Kasatwil selaku Obrik bertanggung jawab untuk menuntaskan seluruh temuan BPK, yang nantinya dibawah pengawasan Irwasum Polri,” kata Idham Azis dalam keteranganya.

Hal tersebut, kata Idham sebagai bentuk wujud nyata bukti Polri dan jajaran serius untuk memperbaiki manajemen dan pertanggung jawaban keuangan negara pada tubuh Polri ke arah yang lebih baik. Dengan komitmen itu, Idham menekankan menghindari potensi kerugian negara yang akan datang.

Disisi lain, Idham mengapresiasi kepada BPK yang kembali memberikan predikat WTP terhadap Polri selama tujuh kali bertutut sejak tahun 2013 hingga 2019. Capaian ini, kata Idham merupakan prestasi seluruh jajaran korps bhayangkara atas kerja kerasnya dalam mewujudkan tata kelola dan pertanggung jawaban keuangan negara.

“Namun demikian kami menyadari bahwa masih ada kelemahan dalam sistem pengendalian internal (SPI). Kami selalu siap memperbaiki,” demikian Idham.

Share :

Baca Juga

Nasional

Organisasi sekertariat wartawan indonesia (SWI) mendaftarkan menuju kontituen dewan pers

Nasional

Danramil 0814/09 Kudu Berikan Jam Komandan Kepada Anggotanya

Nasional

Lantik 8 Kapolda Baru, Ini Pesan Penting Kapolri

Nasional

Rakyat Rindu Murah Sandang Pangan Seger Kewarasan, BERHARAP MENYATU KELUARGA BK-PDIP DAN KELUARGA PH-PARTAI BERKARYA

Nasional

8 Pelaku Pengrusakan Gedung ESDM Saat Demo Ricuh Penolakan UU Omnibus Law Masih Dibawah Umur

Nasional

Sebanyak 208 Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung Di Sergai

Nasional

Resmi, Komisi III DPR Setujui Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

Nasional

Polri Gelar Upacara Korps Raport Tujuh Jenderal