Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Nasional

Rabu, 22 Juli 2020 - 23:46 WIB

Dapat Predikat WTP, Kapolri Siap Tindaklanjuti Rekomendasi BPK

 

Kapolri Jenderal Idham Azis saat menerima predikat WTP dari BPK

Jakarta, Sekilasmedia.com —Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melakukan audit keuangan Polri tahun anggaran (TA) 2019 terhadap 20 Satuan Kerja (Satker) di tingkat Mabes Polri selama 100 hari kerja yang dimulai sejak tanggal 27 Januari hingga 12 April 2020. Hasilnya, BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) karena Polri dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Kapolri Jenderal Idham Azis saat exit meeting pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Polri TA 2019 di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/7)
menyampaikan, meskipun BPK memberikan opini WTP terhadap Polri namun pihaknya siap menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan oleh pengawas keuangan negara itu.

“Polri siap menindaklanjuti rekomendasi dan telah membuat rencana aksi serta kewajiban para Kasatker dan Kasatwil selaku Obrik bertanggung jawab untuk menuntaskan seluruh temuan BPK, yang nantinya dibawah pengawasan Irwasum Polri,” kata Idham Azis dalam keteranganya.

Hal tersebut, kata Idham sebagai bentuk wujud nyata bukti Polri dan jajaran serius untuk memperbaiki manajemen dan pertanggung jawaban keuangan negara pada tubuh Polri ke arah yang lebih baik. Dengan komitmen itu, Idham menekankan menghindari potensi kerugian negara yang akan datang.

Disisi lain, Idham mengapresiasi kepada BPK yang kembali memberikan predikat WTP terhadap Polri selama tujuh kali bertutut sejak tahun 2013 hingga 2019. Capaian ini, kata Idham merupakan prestasi seluruh jajaran korps bhayangkara atas kerja kerasnya dalam mewujudkan tata kelola dan pertanggung jawaban keuangan negara.

“Namun demikian kami menyadari bahwa masih ada kelemahan dalam sistem pengendalian internal (SPI). Kami selalu siap memperbaiki,” demikian Idham.

Share :

Baca Juga

Nasional

Tingkatkan Investasi Indonesia,Kadin Dukung PT PII guna Implementasi Proyek KPBU Unsolicited

Nasional

22 Terduga Teroris Yang Ditangkap Densus 88 Mabes Polri Masuk Jaringan Jemaah Islamiah

Nasional

Cek Pabrik di Cianjur, Kabareskrim Minta Obat Untuk Covid-19 Segera Didistribusikan

Nasional

Penyaluran Bansos PPKM Darurat, Kapolri Meminta Jangan Sampai Ada Informasi Bermasalah di Wilayah

Nasional

Integrasi Teknologi Kurangi Tenaga Kerja, Menkominfo Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital

Nasional

Pemerintah Jamin Ketersediaan Beras Selama Tahun 2021 Melalui Optimalisasi Penyerapan Hasil Produksi Dalam Negeri

Nasional

Di Hadapan Komisi III, Kapolri Paparkan 15 Aplikasi Layanan Publik Semudah Pesan Pizza

Nasional

Resmi Daftar Sebagai Konstituen Dewan Pers, Bukti Profesionalisme JMSI