Rayakan Idul Adha, Masjid Al Ikhlas Sidowungu Bagikan Daging Qurban Kepada 1980 Rumah – SEKILAS MEDIA

Rayakan Idul Adha, Masjid Al Ikhlas Sidowungu Bagikan Daging Qurban Kepada 1980 Rumah

 

Gresik, Sekilasmedia.com – Setiap hari raya Idul Adha atau hari raya qurban,  Masjid  Al Ikhlas dusun Sidowungu selalu membagikan daging qurban kepada semua warga  dusun setempat  bahkan sampai ke desa Pranti. Begitu juga dengan masjid di dusun Balongdinding. Dua dusun yang sama dalam satu desa yakni Sidowungu, kata Kepala Desa Sidowungu Sukoiri kepada awak media.

” Warga yang mendapat daging qurban  tersebar di dusun Sidowungu  khususnya, yang  terdapat 4 RW dan 16 RT. Alhamdulillah semua mendapat bagian semua,” ungkapnya saat berada di Masjid Al Ikhlas pada Jumat (31/7/2020).

Sementara itu, Ketua panitia Qurban  Sahidin yang didampingi ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Taufik menambahkan bahwa pada hari raya Idul Adha1441 H ini, Panitia memotong hewan qurban untuk sapi ada 12 ekor sedangkan kambing ada 62 ekor.

” Pemotongan hewan qurban dilakukan pihak panitia sendiri. Dengan jumlah hewan qurban sebanyak itu maka jumlah panitianya ada sebanyak 100 orang. Sedangkan daging qurban dibagikan kepada 1980 rumah di dusun Sidowungu. Satu kantong yang ditimbang memiliki berat 1,5 kg,” jelas Ketua panitia hewan qurban.

Ke depan, Sahidin berharap agar hewan qurban dikumpulkan jadi satu di masjid agar jumlah berat daging yang dibagikan bisa lebih banyak. Karena saat ini masih ada warga secara pribadi menyembelih hewan qurban sendiri.

Sesuai pantauan di lokasi kegiatan, tampak di halaman Masjid Al Ikhlas sebelah utara, panitia qurban yang laki-laki setelah penyembelihan hewan qurban kemudian memotong motong daging sapi maupun kambing sesuai ukurannya. Setelah itu, dilakukan penimbangan daging qurban dalam kantong kresek dan dihitung sesuai data  jumlah penerima hewan qurban.

Ada pula beberapa orang panitia yang hilir mudik mengantar daging qurban untuk dibagikan kepada warga dusun. Sedang panitia dari ibu-ibu menyiapkan logistik bagi panitia laki-laki.(rud)

SEKILAS MEDIA