Kades  Dapet Lantik 4 Perangkat Desa – SEKILAS MEDIA

Kades  Dapet Lantik 4 Perangkat Desa

Kades  Dapet Lantik 4 Perangkat Desa

 

Perangkat Desa Dapet tiga di tengah swafoto bersama pearnfkat desa lainnya di pendopo desa Dapet kecamatan Balongpanggang Gresik.

Gresik, Sekilasmedia.com – Guna mengisi jabatan perangkat desa yang lowong beberapa waktu lalu, pemerintah desa Dapet  kemudian membuka lowongan jabatan perangkat melalui panitia penjaringan dan penyaringan perangkat desa.

Menurut Kepala Desa Dapet Siswadi, SP terkait proses penjaringan dan penyaringan perangkat desa (P3D) sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Gresik No.1 Tahun 2017 tentang susunan organisasi dan tata kerja pemerintah desa.

” Setelah terpilih dan dilantik sebagai perangkat desa Dapet. Saya mengingatkan agar sebagai abdi masyarakat para perangkat desa bisa menjadi pelayan masyarakat. Bukan sebaliknya,” tegasnya.

Perangkat desa sebagai pembantu kepala desa di pemerintahan desa harus bisa menjalin hubungan antar elemen baik pemerintah maupun masyarakat. Selain itu, juga dapat menjalankan dan menjabarkan visi dan misi kepala desa dalam melaksanakan pembangunan desa,imbuh Siswadi.

Di tempat terpisah setelah pelantikan perangkat desa, Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D) Desa Dapet Hiyup Paryono kepada Sekilasmedia.com mengatakan tahapan P3D desa Dapet sesuai dengan Perbup No. 19 Tahun 2017 tentang P3D.

” Selama proses tahapan dari oendaftaran sampai pelantikan perangkat desa, pihak panitia tidak pernah memungut biaya sepeser pun atau gratis. Mereka bisa dilantik karena sesuai dengan kualifikasi dan kualitas SDMnya melalui ujian tes,” tandas dia.

Adapun, jabatan yang lowong ada 4 yakni Kepala Seksi Kesejahteraan, Kepala Seksi Tata Usaha, Kepala Dusun Dapet dan Kepala Dusun Sugihwaras.

Hiyup Paryono kembali menerangkan bahwa proses pendaftaran gelombang pertama  selama 14 hari. Ternyata terdapat 3 jabatan lowong yang dilamar 2 orang pelamar, hal ini sudah memenuhi syarat untuk bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.  Sehingga gelombang kedua tidak di buka lagi.

” Tahap selanjutnya yakni verifikasi dan penetapan bakal calon perangkat menjadi calon perangkat. Pada tanggal 26 Juli 2020 kegiatan tes ujian tulis dan hasil tes tulis tersebut terdapat 3 orang calon perangkat mendapat nilai tertinggi di atas 60,” pungkasnya.

4 perangkat desa yang dilantik yakni Kepala Seksi Kesejahteraan  Dwi Nur Huda,

Kepala Seksi  Tata Usaha Fathur Rahman,

Kasun Dapet Sandhi Ferianto dan  Kasun Sugihwaras Suprianto.

Untuk perangkat desa yang baru dilantik, Hiyup Paryono menambahkan setiap tahun Kepala Desa memiliki program terkait peningkatan sumber daya manusia perangkat desa dalam tata kelola pemerintahan desa dan pelayanan masyarakat. Selain itu, perangkat desa yang baru bisa belajar kepada pejabat yang lama. (rud)

SEKILAS MEDIA