Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 3 Agustus 2020 - 14:00 WIB

Walikota Batu Kunjungi Warga Sumbergondo yang Melahirkan di Kamar Mandi

 

Foto: Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat menjenguk Fitri, pasca melahirkan di kamar mandi dirumahnya.

Batu, Sekilasmedia.com – Menindak lanjuti berita yang sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial, Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko berkunjung ke rumah Fitria Rohmatika (26th) warga Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu yang melahirkan di kamar mandi, Senin (03/08).

Setelah beredar kabar sebelumnya dari berbagai media terkait kelahiran anak Fitri yang terjadi di Kamar Mandi, Sebelumnya, beberapa bidan yang ia datangi tak bisa membantu proses persalinannya karena dirinya dinyatakan reaktif positif rapid test saat memeriksakan usia kandungannya. Sedangkan beberapa bidan desa yang ia datangi, menerjemahkan hasil pemeriksaan Fitri terjangkit Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Drg. Kartika Trisulandari mengatakan bahwa berdasarkan data rekam medis yang ada di Dinas Kesehatan yang bersangkutan telah melaksanakan rapid test di Balai Desa Sumbergondo pada 19 Juni 2020 dan telah dinyatakan non reaktif.

“Pada Tanggal 6 Juli 2020, Fitri melakukan pemeriksaan di Polindes yang hanya berjarak 30 meter dari rumahnya namun usia kehamilan sudah memasuki minggu ke 41-42 dengan post date (kehamilan yang melampaui umur) maka proses kelahiran harus dilaksanakan di rumah sakit” jelas Kartika.

Pada kasus ini, ketika Fitri merasakan kontraksi, ia bercerita sedang ganti baju ketika sang suami sedang mencari kendaraan untuk menuju ke rumah sakit sesuai anjuran dari bidan desa.

“Pada saat di kamar mandi ternyata saya tidak tahan dan melahirkan anak perempuan, yang saat itu saya di bantu oleh ibunya” kata Fitri.

Lebih lanjut menurut fitri bahwa tidak selang berapa lama, datang Bidan Desa Novi yang membantu proses rawat tali pusar, injeksi vitamin K1, serta perawatan standar pada ibu melahirkan.

Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa Fitri waktu proses melahirkan dalam kondisi yang tidak bisa diprediksi.

“Sudah lewat hari untuk melahirkan putrinya, kira kira lebih seminggu dan disarahkan ke rumah sakit karena itu adalah SOP bidan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” katanya

Tuhan berkehendak lain, masih menurut Dewanti bahwa “ternyata kelahiran anak mbak fitri dimudahkan, ketika masih akan ganti baju untuk menuju ke rumah sakit putrinya lahir duluan, ini suatu kebesaran Allah SWT untuk diberikan kemudahan bagi mbak fitri, mudah-mudahan kami bisa melayani masyarakat kota batu dengan baik,” pungkasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Bupati Barut Lantik 107 Pejabat Struktural dan Fungsional

Daerah

Bupati Barut Lantik 107 Pejabat Struktural dan Fungsional

Daerah

Persiapan Belajar Tatap Muka, Bupati Cek Sarpras Sekolah

Daerah

Kapolres Gresik Terus Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Covid 19 

Daerah

Pj Gubernur Sumsel A Fatoni Harapkan PSMTI Berkontribusi Pembangunan Bidang Sosial Kemasyarakatan

Daerah

Bupati Blitar Resmikan Acara Paguyuban Lodoyo Creative

Daerah

Cegah Kejahatan Malam Hari, Polsek Kalangbret Tulungagung Gelar Patroli Blue Light

Daerah

Enam Desa Mendapat Penghargaan Anubhawa Sasana  Sadar Hukum Tahun 2018

Daerah

Bupati Sidoarjo Lepas 176 PNS Masa Purna Tugas