Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Rabu, 5 Agustus 2020 - 09:28 WIB

Bersama Forkopimda, Bupati Mojokerto Panen Raya di Ponpes Segoro Agung Trowulan

 

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi saat melalukan panen raya bersama Forkopimda.

Mojokerto, Sekilasmedia.com – Pondok Pesantren Segoro Agung Trowulan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, melaksanakan panen raya dalam rangka menyukseskan program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan nasional, Rabu (5/8) pagi.

Panen dihadiri Anggota Komisi XI DPR RI Sarmuji, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, didampingi Pimpinan Ponpes Segoro K.H. Agung Bimo Agus Sunarno.

Panen raya dengan tema “Bangkitkan Kembali Kekuatan Agraris Bumi Majapahit” , Bupati Pungkasiadi bertutur jika Majapahit pada zaman dahulu telah dikenal memiliki sistem pertanian yang maju. Sangat masuk akal jika semua ilmu pertanian leluhur yang diajarkan, akhirnya diwariskan sebagai sebuah budaya dan kearifan lokal untuk mewujdukan ketahanan pangan. Sehingga, Kabupaten Mojokerto setiap tahun mampu mencapai surplus hingga 78 ribu ton.

“Tiap tahun, kita surplus mencapai 78 ribu ton. Ketahanan pangan semua sudah diprogramkan di Kabupaten Mojokerto. Bahkan, untuk tanaman pendamping seperti jagung dan ketela pohon sekalipun. Majapahit dulu memang dikenal sebagai ahlinya pertanian. Bahkan, ada hari-hari penanggalan untuk memutuskan tepat tidaknya panen. Misalnya, tanaman padi cocok dipanen pada Minggu Pahing. Nenek moyang kita sangat jeli memprediksi cuaca dan irigasi. Panen ini upaya kita untuk nguri-uri budaya,” tutur bupati.

Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak dalam sambutan arahan, menyebut Jawa Timur sebagai basis agribisinis dan lumbung padi nasional. Sahat juga memuji jika surplus hasil pangan pertanian di Kabupaten Mojokerto, merupakan hal yang sangat positif dan membawa pengaruh yang baik.

“Bu Gubernur Jatim dan seluruh stakeholder mendukung penuh upaya mewujudkan ketahanan pangan Jatim. Surplus tadi, menandakan apa yang diprogramkan pemerintah pusat maupun provinsi, terbukti linier dengan daerah. Kontribusi Kabupaten Mojokerto sangar besar. Inisiasi panen raya Ponpes Segoro Agung ini, memberi pelajaran bahwa setiap jengkal tanah dapat bermanfaat bagi ketahanan pangan,” jelas Sahat.

Demikian pula, Sarmuji Anggota Komisi XI DPR RI dalam sambutan sepakat jika panen raya ini merupakan ikhtiar mewujudkan ketahanan pangan, dengan tetap mempertahankan kultur budaya.

“Saya memaknai panen ini sebagai upaya membangkitkan kejayaan Majapahit di bidang pertanian. Tanah kita tanah Lohjinawi, sangat subur, ditanami apa saja tumbuh. Logistik itu sesuatu yang sangat strategis. Meski beras bisa saja diimport, tapi ketahanan pangan sangat penting. Kedaulatan pangan sangat utama. Dengan begitu, petani juga bisa sejahtera,” terang Sarmuji.

Kegiatan ditutup dengan pelaksanaan panen raya, didahului dengan penyerahan tali asih berupa sembako pada masyarakat yang hadir.

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab dan PTDI-STTD Teken MoU dan Perjanjian Kerjasama Pola Pembibitan

Daerah

Polresta Sidoarjo Gandeng GMNI Sukseskan Pemilu 2024 Aman dan Kondusif

Daerah

KomitmenTingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Pemprov Jatim Berikan 3 Penghargaan 

Daerah

Bupati Minta Rekanan Kerja Lembur. 

Daerah

Gelorakan Semangat Pemuda Dengan Menampilkan Treatikal Seni Pelajar

Daerah

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Blitar Laksanakan Workshop Penguatan Promosi Melalui Inovasi Produk

Daerah

Kapolri Dijadwalkan ke Lokasi Gempa, Distribusikan 3.000 Sembako

Daerah

Kebijakan Penyekatan Mudik Lebaran di Jawa, Bali dan Sumatera Bantu Kurangi Penyebaran Covid-19.