Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 26 Agustus 2020 - 02:12 WIB

Monitoring Pasar Duduksampean, Wabup M.Qosim Cek Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19

 

Kiri, Wabup M. Qosim saat bertemu dengan pedagang pasar terkait penerapan protokol kesehatan covid 19 di pasar Duduksampean

Gresik,Sekilasmedia.com –  Saat melakukan monitoring di pasar Duduksampean pada Selasa (25/8/2020), Wakil Bupati Gresik Mohammad  Qosim  berkesempatan berkeliling untuk melihat dari dekat aktivitas perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan itu turut menyertai kegiatan Wabup, Kepala Dinas Koperindag UMKM, Camat Duduksampean beserta Forkopimcam dan Kepala Desa Duduksampean beserta perangkat desa.

Setelah monitoring, Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim kepada awak media mengatakan bahwa kunjungannya kali ini untuk mengecek pasar ini lebih tangguh apa tidak.

” Pemerintah kabupaten Gresik ingin semuanya menciptakan tangguh. Bukan hanya perusahaan tangguh, kampung tangguh namun pasar tangguh juga penting. Karena pasar merupakan pusat pengembangan perekonomian,” tegasnya.

Kita tahu di era pandemi covid-19 ini pertumbuhan ekonomi minus baik di Indonesia, propinsi Jawa Timur maupun kabupaten-kabupaten  yang ada mengalami penurunan yang drastis.

Maka di Jatim, diharapkan ekonomi kembali pulih dan kembali tumbuh. Jangan sampai pertumbuhan ekonomi menciptakan episentrum baru tempat penyebaran covid.Untuk itu, pemerintah kabupaten Gresik melakukan pengecekan dan alhamdulillah pasar Duduksampean terbaik,imbuhnya.

” Saya tidak menjumpai para pedagang tidak pakai masker. Mereka rata-rata pakai masker bahkan ada yang pakai pelindung wajah atau face sheild. Demikian juga pembeli semuanya pakai masker. Sampai masker yang saya bagikan tidak begitu laku karena hanya beberapa orang saja, yang menerima,” terang Wabup M. Qosim.

Kondisi pasar ini tetap dipertahankan. Di sini kunjungan tidak terlalu padat jadi physical distancing bisa kita jaga. Dari sekian pasar yang saya kunjungi ternyata pasar Duduksampean yang terbaik, pujinya.

Selain itu, Wabup juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pengunjung yang tidak berdempet-dempetan, jarak dijaga. Karena vaksin belum ditemukan benar maka protokol kesehatan menjadi acuan diantaranya pakai masker.

Wabup pun mencontohkan dampak tidak menerapkan protokol kesehatan covid-19 ( pakai masker) seperti kasus di negari ginseng atau Korea Selatan baru-baru ini. Di mana warganya tidak pakai masker lalu ditemukan 17 orang yang terpapar covid-19. Namun alhamdulillah di sini semua pakai masker.”

Diakhir wawancaranya, Wabup M. Qosim berpesan,” agar  pertumbuhan ekonomi harus diimbangi dengan menjaga kesehatan warga masyarakat.”

Kalau tidak kita yang mengingatkan siapa lagi yang mengingatkan. Karena ketika rekan -rekan belanja pasti tidak memikirkan ada corona apa tidak. Ketika melayani pembeli kadang lupa bahwa  sampai saat ini masih ada corona.

Sementara itu, terkait kegiatan monitoring Wabup M. Qosim di pasar Duduksampean, Kades Duduksampean Said Sa’dan mengungkapkan di mana yang jelas Wakil Bupati dan tim dari kabupaten mengecek kegiatan di Pasar Duduksampean termasuk penegakan protokol kesehatan terutama untuk covid 19.

”  Alhamdulilah pasar Duduksampean ini termasuk pasar tangguh yang sudah mulai sejak bulan April sampai sekarang,” jelasnya.

Untuk mewujudkan menjadi pasar tangguh, kembali Said Sa’dan  menambahkan bahwa para  penjual dan pembeli wajib memakai masker ketika keluar masuk pasar Duduksampean. Selain itu, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir atau pakai hand sanitizer serta jaga jarak. Dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

” Hasilnya, alhamdulillah sampai sekarang tidak ada kejadian. Tidak ada satu pun warga pasar yang terkena covid.  Sekali lagi, alhamdullilah nol sehingga pasar ini tetap eksis hingga sekarang,” pungkasnya dengan bangga. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Wabup Sampaikan Terintegrasi OSS, Simpel, Cepat dan Mudah
Rapat Pengajuan PTSL Untuk Kurangi Sengketa Tanah

Daerah

Rapat Pengajuan PTSL Untuk Kurangi Sengketa Tanah

Daerah

Polri Gelar Lomba Kreasi Setapak Perubahan dan Festival Musik Bhayangkara
Sambut 1 Muharram 1441 H, Pemerintah Kabupaten Pamekasan Datangkan Gus Azmi

Daerah

Sambut 1 Muharram 1441 H, Pemerintah Kabupaten Pamekasan Datangkan Gus Azmi

Daerah

Jelang Idul Fitri, Bupati Mojokerto Serahkan Paket Sembako untuk 186 Eks Penderita Kusta

Daerah

Kemensos RI Buat Program Bansos, Pemda Diminta Menyiapkan Data

Daerah

Kunjungi Kabupaten Sampang, Wali Kota Study Referensi Capaian MCP BERITA TERBARU 04 October 2021

Daerah

Ciptakan Kamtibmas, Kapolres Gresik : Jangan Ada Komplain dari Masyarakat