DISTANPHP Pamekasan Gelar Workshop EDC Untuk Kios Resmi Pupuk Bersubsidi – SEKILAS MEDIA

DISTANPHP Pamekasan Gelar Workshop EDC Untuk Kios Resmi Pupuk Bersubsidi

DISTANPHP Pamekasan Gelar Workshop EDC Untuk Kios Resmi Pupuk Bersubsidi

 

Pamekasan, Sekilasmedia.com –Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura & Perkebunan (DISTANPHP) Kabupaten Pamekasan menggelar Workshop Pengoprasionalan EDC (Electronic Data Capture) di gedung BPP Sumedangan Desa Sumedangan Kabupaten Pamekasan. Kamis, 27/08/2020.

Workshop EDC ini diikuti oleh seluruh pemilik kios resmi pupuk bersubsidi yang ada di kabupaten Pamekasan dengan dua termin setiap harinya dan jadwal perkecamatan yang sudah ditentukan.

R. Deddy Dwi Yudha Bakti, SE (Kasi Pupuk, Pestisida, Alat dan Mesin Pertanian) Menjelaskan bahwa adanya kartu tani ini adalah bentuk kepedulian pemerintah agar lebih maju dan menjamin terpenuhinya kebutuhan Pupuk untuk petani.

“Kartu Tani ini sebenarnya adalah bentuk bantuan dan ajakan pemerintah buat petani untuk menjadi petani yang lebih moderen, sehingga dalam bertani lebih mudah dan mudah mendapatkan pupuk tentunya dengan hasil tani yang lebih baik.” Terangnya.

Lebih lanjut Pak Deddy (sapaan akrabnya) menjelaskan bahwa terkait edukasi penggunaan EDC dan kartu tani ini diperuntukkan bagi seluruh pihak terkait.

“Pihak kami (Pertanian) tidak berhenti disini saja, kami akan selalu melakukan Update dan Upgrade data dan sosialisasi ke semua pihak terkait yaitu mulai dari produsen, distributor, agen, kios dan petani, supaya adanya kartu tani ini betul-betul optimal dan maksimal kegunaannya, dan manfaatnya betul-betul bisa di rasakan oleh petani.” Jelas Deddy dengan nada optimis dan antusias.

Sementara itu, pihak distributor yang diwakili H. Idris saat wawancara dengan awak media menjelaskan tentang pentingnya kartu tani buat petani.

“Dengan adanya kartu tani ini, kami lebih mudah dalam menyalurkan pupuk, lebih mudah dalam pelaporan dan pendampingan kios, dan yang paling penting pupuk bersubsidi ini tidak salah sasaran, karena kios resmi pupuk bersubsidi hanya melayani pembelian pupuk dengan menggunakan kartu, jadi ini merupakan langkah yang tepat dalam mengantisipasi kelangkaan pupuk.” Jelasnya.

Disisi lain untuk ketersediaan pupuk di Kab. Pamekasan, dari pihak produsen David Khoirul (Perwakilan PT. Petrokimia Gresik di Kab. Pamekasan) mengatakan bahwa pupuk dalam dua bulan kedepan masih cukup.

“Untuk memenuhi kebutuhan pupuk ditingkat kabupaten kami punya 4 gudang penyangga (Lini 2), untuk Kab. Pamekasan ini untuk ZA Bersubsidi kami punya 400 t (ton), SP-36 Bersubsidi 700 t, UREA Bersubsidi 2200 t, NPK (Phonska) Bersubsidi 1200 t dan Petroganik (Pupuk Organik) Bersubsidi 500 t, InsyaAllah dalam dua bulan kedepan ketersediaan pupuk di Kab. Pamekasan ini masih cukup aman, apalagi pabrik kami di gersik, kan dekat dengan pamekasan, jadi pengiriman dalam waktu setengah hari saja InsyaAllah sudah sampai.” Pungkasnya.

(Bejo)

SEKILAS MEDIA