Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 18 September 2020 - 12:46 WIB

Pemkot Madiun Belajar SAKIP di Kota Probolinggo

 

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Predikat nilai BB yang dimiliki Kota Probolinggo dalam implementasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) tahun 2019 menarik perhatian Pemerintah Kota Madiun. Daerah berjuluk Kota Pendekar itu, menargetkan predikatnya naik dari B ke BB. Untuk itu, Wali Kota Madiun belajar terkait SAKIP ke Pemkot Probolinggo, Jumat (18/9).

Hal ini diutarakan Wali Kota Madiun Maidi, di Puri Manggala Bhakti saat memberikan sambutannya. Wali Kota Maidi tidak datang sendiri, ia bersama para pejabat jajarannya disambut baik oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, para staf ahli, para asisten dan kepala OPD.

Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin berbahagia atas kunjungan Wali Kota Maidi beserta rombongannya. “Ini (kunjungan tim Madiun) dapat mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Kota Probolinggo dan Pemerintah Kota Madiun. Untuk bersama-sama memajukan daerah masing-masing, baik itu implementasi SAKIP dan penanganan COVID 19,” ujar Habib Hadi.

Ia berharap ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di daerah masing-masing demi kemaslahatan masyarakat. “Mudah-mudahan tidak lama, kami bersama jajaran bertukar informasi ke Kota Madiun juga,” imbuhnya.

Dalam kunjungan itu, rombongan wali kota Madiun menyimak paparan SAKIP yang integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Probolinggo Prijo Djatmiko, implementasi SAKIP harus ada keselarasan dokumen-dokumen yang ada dalam penyempurnaan SAKIP diantaranya adalah visi misi wali kota Probolinggo, rencana strategis, Sosialisasi Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL), perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja, reviu dan evaluasi kinerja.

“Guna fokus mengejar predikat A pada SAKIP 2021 Pemerintah Kota Probolinggo akan memfokuskan pada pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, SDM aparatur, akuntabilitas kinerja dan pelayanan publik,” terang Prijo. (Fahrul)

Share :

Baca Juga

Daerah

Perkuat Soliditas dan Sinergitas , Kapolres Lumajang Sambangi Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri

Daerah

Jumat Curhat, Polres Gresik Tindak Lanjuti Keluhan Minyak Goreng Murah

Daerah

Sambut Hari Raya Bhayangkara ke 76, Polres Gresik Gelar Bakti Sosial Donor Darah 

Daerah

Bentuk Apresiasi Pimpinan, Kapolres Pasuruan Berikan Reward Kepada Anggota Berprestas

Daerah

Kapolres Gresik Khutbah Perdana di Masjid Al Aziz

Daerah

Anggota Dewan Dapil 8 H. Mahmud Tinjau Pembagian BLT BBM Di Desa Banyuwangi Manyar

Daerah

Ketua DPD RI Didampingi Ketua Kadin Kabupaten Blitar Ziarah di Makam Bung Karno

Daerah

Edar dan Kosumsi Narkoba, Dua Anggota Polres Badung di Pecat