Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 19 September 2020 - 14:22 WIB

Bupati Trenggalek : Menghadapi Bonus Demografi Guru Harus Bisa Sentuh Hati Siswa Didik

 

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat meninjau lokasi belajar.

Trenggalek, Sekilasmedia.com – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berpesan kepada para kepala PAUD, SD dan SMP untuk bisa menyentuh hati para siswa didik karena saat ini merupakan fase krusial.

“Tahun 2030 Bangsa Indonesia akan menghadapi Bonus Demografi.Jadi untuk mewujudkan SDM unggul harus dimulai dari sekarang, ” ungkapnya, saat memberikan pembinaan kepada guru – guru di Kecamatan Munjungan, Sabtu (19/9/2020).

Bupati termuda ini mengatakan, pemerintah berupaya mewujudkan Indonesia maju melalui SDM unggul dan salah satu pilarnya adalah di bidang pendidikan.Karena dengan pendidikan indeks pembangunan manusia bisa lebih baik.

Menurutnya, dimasa pendemi seperti sekarang ini kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan pola sehingga ini merupakan fase krusial.

“Jadi bagaimana caranya merubah pola tapi tidak mengurangi kualitas pendidikan, ” jelasnya.

Ditegaskan Arifin, mekanisme kolaborasi belajar daring dan luring harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan waktu belajar tatap muka yang terbatas maka peran guru sangat vital dengan lebih menyentuh hati para siswa.

“Waktu belajar dua jam tatap muka siswa jangan dijejali dengan hafalan – hafalan tapi membangun jiwa anak didik, ” tandasnya.

Selanjutnya, Arifin berharap dengan terbatasnya waktu tatap muka maka harus dibudayakan berfikir kritis dengan budaya mereka bertanya.

“Salah satu point penting adalah membangun budaya diskusi dengan cara memposisikan mereka sebagai manusia dibimbing oleh orang tua.Ini sangat penting sekali, ” pungkasnya (ags).

Share :

Baca Juga

Daerah

Antisipasi 3C, Kapolresta Mojokerto lakukan Patroli bersepeda Sambil Sapa Masyarakat

Daerah

Kabar Baik, Pemkab Sidoarjo Segera Renovasi 402 Warung Rakyat

Daerah

WABUP : TEMAN JADIKAN KONSULTAN TEMANYA SENDIRI

Daerah

Tahun 2023, Pembangunan Islamic Center Balongpanggang Dilanjutkan Oleh Dinas CKPKP

Daerah

Rapat Paripurna Istimewa Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Daerah

Puluhan IKM Ramaikan Pameran IKM Nawa Hati

Daerah

Peran Aktif Koramil 0815/05 Gedeg Bina Wasbang Para Pelajar

Daerah

Pemkab Gelar Rapat Konsolidasi Pengawasan Koperasi