Pansus Narkotika DPRD Jateng Berguru ke Trenggalek Tentang P4GN dan PN – SEKILAS MEDIA

Pansus Narkotika DPRD Jateng Berguru ke Trenggalek Tentang P4GN dan PN

Pansus Narkotika DPRD Jateng Berguru ke Trenggalek Tentang P4GN dan PN

 

Trenggalek, Sekilasmedia.com – Sebagai pemilik Perda Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Prekusor Narkotika (PN) pertama kali di Jatim, DPRD Trenggalek menerima kunjungan kerja dari Panitia khusus (Pansus) Narkotika DPRD Jateng, Senin (28/9/2020).

Wakil Ketua Pansus P4GN DPRD Jateng sekaligus ketua rombongan Joko Hariyanto mengatakan, salah satu maksud dan tujuan ke Trenggalek, adalah untuk mengetahui beberapa hal, antara lain substansi apa saja yang termuat dalam Perda P4GN dan PN, berapa besaran anggaran dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang digunakan untuk menangani persoalan narkotika dan bagaimana pola komunikasi yang dibangun untuk menyatukan langkah memerangi narkoba.

“Buat kami Trenggalek adalah sesuatu yang menarik karena sudah memiliki Perda P4GN dan PN sehingga kami mau banyak belajar sekaligus sebagai rujukan di Jateng, ” ucapnya.

Joko berharap, sepulang dari Kabupaten Trenggalek, beberapa Kabupaten di Jateng sudah bisa merampungkan Perda P4GN dan PN sebagai payung hukum agar penyalahgunaan narkoba bisa ditekan seminimal mungkin.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Trenggalek Husni Taher membenarkan jika salah satu pertimbangan DPRD Jateng datang ke Trenggalek sudah memiliki Perda P4GN dan PN bahkan sebagai pemilik pertama di Jatim.

Politisi Partai Hanura ini menjelaskan, point penting dalam Perda tersebut adalah pemberian fasilitas pembiayaan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek kepada BNNK dalam penanggulangan narkotika.

“Jadi pemerintah daerah hanya menyediakan fasilitas pembiayaan.Sedangkan kewenangan ada di BNNK, ” terangnya.

Husni menuturkan, jika fasilitas pembiayaan yang diberikan sudahbbisa berjalan efektif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Trenggalek untuk menekan seminimal mungkin tentang narkoba.

Selanjutnya, masih lanjut Husni, tentang rencana pemerintah daerah akan memberikan fasilitas lahan untuk pembangunan Kantor BNNK Trenggalek sedang dalam proses dan mudah – mudahan dalam waktu dekat sudah bisa terealisasi.

“Tentunya kita sepakat untuk memerangi narkoba.Jadi harus saling ada dukungan antara pemerintah daerah dan BNNK, ” tutupnya (ags).

SEKILAS MEDIA