Sebanyak 361 Peserta CPNS di Kota Probolinggo Ikuti Test SKB – SEKILAS MEDIA

Sebanyak 361 Peserta CPNS di Kota Probolinggo Ikuti Test SKB

Sebanyak 361 Peserta CPNS di Kota Probolinggo Ikuti Test SKB

 

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menggelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019, hari ini (26/09). Tes ini sempat tertunda akibat adanya wabah Covid-19.

Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Surabaya Tauchid Djatmiko, didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Gogol Sudjarwo mengatakan bahwa perekrutan pegawai dilakukan tanpa adanya pungutan apapun.

“Apabila peserta mendapatkan iming-iming menggiurkan dari oknum tak bertanggungjawab, sebaiknya tak mengindahkan, bahkan harus berani melapor. Laporkan saja!,” tegasnya.

Tauchid menambahkan, pelaksanaan tes SKB CPNS pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, situasi dan kondisi di tengah wabah pandemi Covid-19, membuat agenda perekrutan calon pegawai dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Tercatat, jumlah peserta yang mengikuti SKB Penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019 di lingkungan Kota Probolinggo itu, menyentuh angka 120 orang per sesinya.

Pelaksanaan SKB yang dilangsungkan di GOR Kedopok Jalan Mastrip itu, dimulai pukul 08.30 WIB untuk sesi pertama. Kedua, pukul 11.30 WIB dan pukul 14.30 WIB untuk pelaksanaan sesi terakhir. Dimana sebelum memasuki ruang ujian, masing-masing peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

“Total peserta SKB CPNS formasi tahun 2019 yang mengikuti seleksi berbasis CAT BKN hari ini, berjumlah 361 orang,” kata Kepala BKPSDM Kota Probolinggo.

Ternyata jumlah itu tak termasuk mereka yang mengikuti SKB di luar Kota Probolinggo. Pasalnya, ada 14 peserta lain yang melakukan tes di luar kota, tepatnya di kantor regional terdekat dengan domisili mereka. Seperti Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Mataram, Palembang, Semarang, Serang bahkan ada yang di Jakarta, yakni di BKN Pusat.

Adapun untuk peserta yang tak hadir atau terlambat mengikuti SKB, Gogol menyampaikan, jika kepesertaan CPNS itu, otomatis gugur karena sistem.

Seperti diketahui, SKB merupakan tes yang berpengaruh bagi seseorang yang mengikuti seleksi CPNS. Hal ini karena bobot nilai SKB adalah 60 persen. Sedangkan, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah 40 persen.

Pelaksanaan SKB Penerimaan CPNS Tahun Formasi 2019 di lingkungan Pemkot Probolinggo sendiri menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung hari ini. (Septyan)

SEKILAS MEDIA