Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Nasional

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 00:43 WIB

Dewan Pembina JMSI : Kualitas Informasi Faktor Penentu Perjalanan Sebuah Bangsa

 

JAKARTA, Sekilasmedia.com – Ketua Umum JMSI Teguh Santosa melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Pembina JMSI Gita Wirjawan di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (23/10).

Dalam pertemuan tersebut, upaya menciptakan ekosistem pers nasional yang sehat dan profesional menjadi bahasan utama JMSI, yang notabene hal itu bergantung pada komitmen media massa berbasis internet yang menjadi anggota JMSI di daerah.

Apalagi faktanya, kelahiran JMSI pada bulan Februari lalu di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, memang dibidani pengelola media siber daerah.

“Sedari awal kami menyadari bahwa JMSI lahir dari keinginan kuat pengelola media siber di berbagai daerah untuk membangun ekosistem pers yang sehat dan profesional,” ujar Teguh yang didampingi Sekjen JMSI Mahmud Marhaba, anggota Dewan Pakar Syahrial Nasution, dan Sekretaris JMSI Jakarta Khalid Zabidi.

Teguh mengatakan, dirinya berbesar hati melihat dinamika JMSI di daerah yang terpantau sangat baik. Sekjen Mahmud Marhaba, misalnya, baru kembali dari kunjungan ke Surabaya untuk membuka Rapat Kerja JMSI Jawa Timur yang dilakukan hari Kamis (23/10). Sementara JMSI Bengkulu di hari yang sama juga menggelar talkshow untuk menyambut pemilihan kepala daerah bulan Desember mendatang.

Dalam pertemuan tersebut, Teguh secara khusus melaporkan rencana JMSI menuntaskan pendaftaran sebagai konstituen Dewan Pers yang akan dilakukan pada hari Senin (26/10) mendatang.

“Proses pendaftaran sudah kami lakukan bulan September lalu. Namun terpaksa dihentikan karena status PSBB di Jakarta kembali diketatkan. Sekarang setelah Jakarta memasuki masa PSBB transisi, proses pendaftarkan akan dilanjutkan lagi, dan semuanya sudah ready,” sambung Teguh.

Dalam kaitan dengan hal itu, Teguh berharap Gita Wirjawan ikut mengantarkan mengiringi proses tersebut.

Menurut Teguh, sejumlah Pengurus Daerah juga akan hadir dan memberikan dukungan langsung dalam pendaftaran nanti.

Menyambut apa yang disampaikan Teguh, Gita Wirjawan mengatakan dirinya senang melihat perkembangan JMSI yang walau berusia relatif muda namun sudah banyak berkiprah.

Gita Wirjawan juga mengatakan dirinya akan hadir bersama pengurus JMSI untuk mengantarkan JMSI menjadi konstituen Dewan Pers.

“Saya yakin eksistensi JMSI akan memperkuat upaya kita semua menjaga kemerdekaan pers dan meningkatkan kualitas informasi,” ujar mantan Menteri Perdagangan ini.

Gita yang juga memiliki program talkshow “Endgame” di YouTube mengatakan, di era komunikasi ini kualitas informasi adalah faktor yang amat menentukan perjalanan sebuah bangsa.

“Bangsa yang selalu dicekoki informasi yang tidak benar dan mengada-ada akan kesulitan mencapai masa depan yang cerah,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Jaga Nama Baik Keluarga, Polri Enggan Ungkap Penyakit Yang Diderita Maaher

Nasional

Polri Akan Susun Aturan Pengamanan Liga Sepak Bola di Indonesia

Nasional

Kapolri Instruksikan Seluruh Polda Berantas Aksi Premanisme yang Resahkan Masyarakat

Nasional

Gardi Gazarin ICK: Perlu Juru Damai Pemilu untuk Hindari Perpecahan Bangsa

Daerah

Satgas Polri Sudah Tangkap 7.566 Tersangka Kasus Narkoba 

Nasional

Polri Sebut Baliho Habib Rizieq Ditertibkan Karena Melanggar Perda Mengandung Provokasi

Nasional

Kunjungi Vaksinasi di Ponpes Riyadlus Sholihin, Begini Pesan Menteri Muhadjir

Nasional

Kabidhumas Polda Jateng: Tersangka Kasus Dangdutan Tegal Telah Mengaku Bersalah