Isu Reshuffle Memanas, Kelana Aprilianto, Cabup Sidoarjo Layak Wakil Menteri – SEKILAS MEDIA

Isu Reshuffle Memanas, Kelana Aprilianto, Cabup Sidoarjo Layak Wakil Menteri

Isu Reshuffle Memanas, Kelana Aprilianto, Cabup Sidoarjo Layak Wakil Menteri

 

Foto: Kelana Aprilianto dan Dwi Astutik, serta Silvia Devi Soembarto

JAKARTA, Sekilasmedia.com – Isue reshuffle kian panas dengan tudingan terarah kepada mayoritas para menteri yang dinilai berkinerja buruk. Bahkan menurut Dedy Mawardi sekjen Seknas Jokowi, salah satu relawan Jokowi, dengan mengutip salah satu hasil survei bahwa dalam kabinet Presiden Jokowi itu menteri yang berkinerja baik hanya tiga yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, lalu Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto. Sehingga tak mengherankan hal tersebut menjadikan tingkat kepuasan pada kinerja Presiden Jokowi pun turun hingha dibawah 50 persen, sesuatu yang sangat mencemaskan.

Buruknya komunikasi juga menjadi salah satu catatan. Dalam menghadapi berbagai momen seperti penanganan Covid-19 dan pengesahan Omnibus Law atau Undang-undang (UU) Cipta Kerja, menunjukkan bahwa para pembantu presiden tersebut tidak hanya perlu dievaluasi tetapi juga perlu segera diganti.

Ketua umum Relawan Jokowi (ReJO) HM Darmizal MS, yang merupakan pendukung setia presiden Joko Widodo pun tak ketinggalan melampiaskan keprihatinannya. “Melihat situasi saat ini dan beberapa kali peringatan presiden terhadap para pembantunya, reshuffle kabinet adalah keniscayaan dan kebutuhan multak,” ungkap Darmizal dimana relawan ReJO pada saat Pilpres 2019 bekerja sangat keras, all out, termasuk di Jawa Timur apalagi untuk Ketua Umum DPW ReJO Jatim dipegang Kelana Aprilianto pengusaha internasional berjaringan luas yang saat ini maju Calon Bupati Sidoarjo diusung PDIP dan PAN.

Darmizal pun menegaskan, dengan situasi-kondisi saat ini lebih-lebih soal pandemi Covid-19, plus kerja berat pemerintah untuk menerapkan Omnibus Law, para pembantu presiden dituntut untuk sungguh-sungguh bekerja ekstra keras. “Kami relawan Jokowi pasti akan mendukung penuh presiden untuk melakukan reshuffle kabinet. Ini bukan karena tujuan politik, atau kekuasaan saja, tetapi juga diperlukan untuk menjaga kohesi sosial nasional di tengah situasi yang sulit. Presiden punya kewenangan dan pilihan untuk melakukan itu,” ungkap rekan alumni Jokowi di UGM ini, yang oleh Saiful Anam (pakar hukum dan politik Universitas Nasional/ UNAS, red.) didapat informasi dari sumber Istana bahwa layak masuk dalam kabinet Jokowi jika ada reshuffle.

Sumber lain menyebutkan jika Damrizal memang pantas menjadi menteri, seraya menyebut potensi ReJO untuk mendapatkan jatah satu menteri itu dan satu Wakil Menteri yang bisa ditempati oleh Kelana Aprilianto yang ketika Pilpres 2019 menjadi Ketua DPW ReJO Provinsi Jawa Timur.

Ketika dimintakan komentar berbagai pihak, salah satunya Forum Pemuda Bersatu, melalui Mustofa, menurutnya hal tersebut sangat mungkin. Dan wajar-wajar saja jika relawan direkrut, apalagi pada waktu Pilpres 2019, ReJO sebagai relawan lebih terlalu banyak swadaya.

Jika ada reshuffle kabinet, Mustofa juga menyebut nama Silvia Devi Soembarto dari Relawan Jokowi Bersatu (RJB) juga layak menjadi Wakil Menteri.

Mengenai figur Kelana Aprilianto yang disebut berbagai pihak layak sebagai Wakil Menteri, menurut Mustofa juga hal yang wajar-wajar saja, apalagi saat Pilpres 2019 dengan menjadi Ketua ReJO Jawa Timur, Kelana Aprilianto dinilai berdarah-darah kareba harus mengkonsolidasikan 38 kabupaten/kota se-Jatim. Namun menurut Mustofa, saat ini Kelana Aprilianto sangat fokus sebagai calon terkuat untuk menjadi Bupati Sidoarjo 2021-2024, bukan fokus ke hal lain.  (Siswahyu).

SEKILAS MEDIA