Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 5 November 2020 - 00:42 WIB

Kabupaten Sidoarjo Bisa Menjadi Contoh Keharmonisan Antar Umat Beragama 

Sidoarjo, Sekilasmedia.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kementerian Agama RI Dr Tri Handoko Seto SSi MSc datang ke Kabupaten Sidoarjo, Rabu, (4/11). Kunjungan kerja Dirjen Bimas Hindu tersebut diterima Pj. Bupati Sidoarjo Dr. Hudiyono M.Si di pendopo Delta Wibawa.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono menyampaikan Kabupaten Sidoarjo menjadi percontohan terkait keharmonisan hubungan antar umat beragama. Di Jawa Timur, Kabupaten Sidoarjo paling toleran dalam menjaga kerukunan umat beragama. Hal tersebut menjadikan Kabupaten Sidoarjo sebagai jujugan daerah lain untuk belajar membangun komunikasi antar tokoh lintas umat agama.

Hudiyono juga menyampaikan jumlah penduduk di Kabupaten Sidoarjo mencapai 2 juta 200 lebih. 0,002 persennya atau kurang lebih 4 ribu penduduknya umat Hindu. Jumlah tempat ibadah umat Hindu di Kabupaten Sidoarjo saat ini ada 3. Diantaranya berada di Kecamatan Krembung, Sedati dan Kecamatan Balongbendo.

Tri Handoko Seto mengatakan maksud kedatangannya untuk menitipkan umat Hindu kepada pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Dirinya berkonsentrasi untuk meningkatkan SDM umat Hindu yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Diakuinya SDM umat Hindu di Jawa Timur masih banyak dibawah rata-rata nasional. Oleh karenanya perlu mendapatkan perhatian khusus.

“Apa yang bisa kita lakukan akan kita lakukan, apa yang tidak bisa akan kita umumkan kepada Pemda,”ucapnya.

Tri berharap umat Hindu di Kabupaten Sidoarjo tidak menjadi beban Pemda Sidoarjo. Syukur-syukur bisa membantu Pemda dalam pembangunan. Untuk itu dirinya meminta bersama-sama meningkatkan SDM umat Hindu yang ada. Tri mencontohkan apa yang akan dilakukan di Banyuwangi. Di kabupaten tersebut direncanakan dibangun SMA Hindu unggulan.” Ahirmya . (sud)

Share :

Baca Juga

Daerah

UMKM Binaan Kodim 0812/Lamongan Ikuti TNI AD Fair di Jakarta

Daerah

Rumah Mbok Sarniti Dibedah Relawan.

Daerah

Bupati Ikfina Gelar Rakor Pengamanan Lebaran Pastikan Idul Fitri Dan Arus Mudik Aman Dan Lancar

Daerah

Grandiuation SMPN 3 Negara Labrak Larangan Dikpora Jembrana

Daerah

Polres Lamongan Bersama OPD Terkait Jadi Garda Terdepan Tangani Kasus PMK

Daerah

Kapolresta Mojokerto didampingi Presiden PT Kitoshindo Resmikan Polisi Samapta Polresta Mojokerto Ala Majapahitan

Daerah

“SELAMAT ATAS DILANTIKNYA BUPATI DAN WAKIL BUPATI LUMAJANG TERPILIH OLEH GUBERENUR JAWA TIMUR.

Daerah

Gelar ‘Bulik Soima’, Bupati Ikfina Terus Gencarkan Pentingnya Pemenuhan Gizi