Dinas Kominfo Agara Gelar Diskusi Pra UKW di Medan – SEKILAS MEDIA

Dinas Kominfo Agara Gelar Diskusi Pra UKW di Medan

Dinas Kominfo Agara Gelar Diskusi Pra UKW di Medan

 

Kutacane, Sekilasmedia.com –
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Aceh Tenggara bekerjasama dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) menggelar diskusi Pra UKW di Hotel Garuda Plaza Medan, Jumat (20/11/2020).

Sekretaris Dinas Kominfo, Karnodi mengatakan, untuk pemateri sengaja menghadirkan Mohsa EL Ramadan, mantan penguji UKW (Uji Kompetensi Wartawan) PWI, dan Maskur Abdullah, penguji dan pengajar di LPDS (Lembaga Pers Dr.Soetomo).

Karnodi mewakili Kadis Kominfo menyebutkan, UKW rencananya akan dilaksanakan pada 28-29 November di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, diikuti 35 peserta, selain dari Aceh Tenggara juga dari Kabupaten Tengah, Gayo Lues, Subulussalam, Banda Aceh, Aceh Tamiang dan kabupaten lainnya di Aceh.

Untuk itu Karnodi berharap agar para peserta mengikuti diskusi dan pembekalan untuk mendalami materi yang akan diujikan pada UKW nanti. Dia berharap para peserta UKW nantinya bisa kompeten.

Mohsa EL Ramadan yang juga Wakil Ketua PWI Aceh mengatakan, dalam mengikuti UKW itu kuncinya adalah tenang tapi tetap serius. Apa yang diujikan dalam UKW, kata CEO Kantor Berita Aceh (KBA) itu, sesungguhnya penguji memotret kinerja wartawan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.

“Jadi kalau selama ini dia benar-benar melaksanakan tugas jurnalitik, seperti memiliki pengetahuan jurnalistik, mencari dan mampu menulis berita, taat kode etik, saya kita wartawan itu sudah mendekati kompeten,” kata Ramadan.

Sementara Maskur Abdullah menegaskan, peserta UKW nantinya harus memiliki pengetahuan tentang jurnalistik, memiliki keterampilan dalam mencari dan menulis berita, dan memahami serta taat pada kode etik jurnalistik.

“Termasuk juga punya skill mengoperasikan atau menggunakan teknologi informasi, memiliki jaringan dengan narasumber dan punya kemampuan menulis berita, maka akan lebih mudah melewati UKW,” kata mantan editor Harian Waspada ini.

Maskur yang pernah bekerja untuk kantor berita Inggris, Reuters, dan BBC Indonesia itu juga memaparkan materi tentang pedoman penilaian Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Keterangan gambar: Tampak wartawan Anggota PWI Aceh Tenggara saat diskusi Pra UKW di Hotel Garuda Plaza Medan, Jumat malam(20/11/2020). (Arm)

SEKILAS MEDIA