Dispendikbud Bersama Diskominfo Kota Probolinggo Gelar Festival Keroncong Secara Virtual – SEKILAS MEDIA

Dispendikbud Bersama Diskominfo Kota Probolinggo Gelar Festival Keroncong Secara Virtual

Dispendikbud Bersama Diskominfo Kota Probolinggo Gelar Festival Keroncong Secara Virtual

 

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Siapa bilang malam minggu kelabu karena harus berada di rumah saja di masa pandemi COVID 19? Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kota Probolinggo menginisiasi sebuah event yang dapat dinikmati secara virtual melalui live streaming di media sosial (medsos) Pemkot Probolinggo, baik itu facebook, instagram atau youtube.

Seperti Sabtu (21/11) malam, digelar Festival Keroncong Virtual 2020 dari ruang Puri Manggala Bakti Kantor Wali Kota Probolinggo. Tepat pukul 19.00 malam, tampilan pembuka adalah Keroncong Tentrem senior yang membawakan tiga buah lagu. Lalu Keroncong Tentrem junior membawakan dua lagu, salah satunya Sekar Bayuangga karangan Peni Priyono. Disambung tampilan Keroncong Kerapro, Javas Keroncong dan Geranium Band.

Salwa Tri Kamila, penyanyi keroncong junior dari Keroncong Tentrem mengaku sudah belajar menyanyi keroncong sejak kelas 1 SD. “Belajar keroncong ada susahnya, ada tidaknya. Saya suka sama musik keroncong,” kata Salwa yang masih duduk di kelas 6 SD ini.

Ditambahkan Fitriaana Damayanti, sejak Maret lalu mereka sudah tidak pernah latihan bareng karena masa pandemi ini. Namun semua anggotanya tetap latihan sendiri-sendiri di rumah. Jadi, wajar jika saat tampil tadi ada yang demam panggung. “Alhamdulillah setelah diingatkan bisa melanjutkan lagi. Alat dan suara jika tidak berlatih secara rutin itu bisa berubah,” terangnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan punya tugas untuk melestarikan kesenian dari segala bidang. Di Kota Probolinggo, komunitas keroncong ada yang senior dan junior. Sebelum masa pandemi, tepatnya tahun lalu, kerap digelar lomba menyanyi keroncong bagi anak-anak dan dewasa.

“Di masa pandemi covid 19 ini kami berharap kepada para semua pelaku seniman musik khususnya pemusik keroncong terus berkarya dan berinovasi untuk mempertah byankan dan meningkatkan seni budaya yg kita miliki,” Tutur Kepala Dispendikbud, Drs. Moch. Maskur, M.Pd. (Fahrul/adv)

SEKILAS MEDIA