Siswahyu Kurniawan Apresiasi Saiful Arifin Owner Putra Safin Grup Pati, Peduli Kontrak Pesepakbola Muda – SEKILAS MEDIA

Siswahyu Kurniawan Apresiasi Saiful Arifin Owner Putra Safin Grup Pati, Peduli Kontrak Pesepakbola Muda

Siswahyu Kurniawan Apresiasi Saiful Arifin Owner Putra Safin Grup Pati, Peduli Kontrak Pesepakbola Muda

 

Foto: Doni, Siswahyu Kurniawan, Saiful Arifin Wabup Pati Owner PSG, dan Ibnu Grahan

SURABAYA, Sekilasmedia.com – Siapa di Pati khususnya dan Jawa Tengah umumnya yang tak kenal Saiful Arifin (Safin) Wakil Bupati Pati yang gila bola dan peduli pesepakbola muda? Saiful Arifin yang belum lama ini mendirikan Safin Pati Football Academy (SPFA) Pati yang bermarkas di stadion ‘mewah’ Stadion Gelora Soekarno Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kemudian disusul langkah Saiful Arifin yang menjelang akhir tahun 2020 kemarin mengakuisisi Putra Sinar Giri (PSG/ Gresik) Liga 2 untuk pindah ke Pati menjadi Putra Safin Group (PSG Pati). Kurang-lebih hal tersebut diungkapkan R. Tri Harsono Forum Peduli Indonesia Olahraga Sehat (FPIOS) dalam diskusi terbatas di Surabaya kemarin (02/01/2020).

R. Tri Harsono pun bercerita, jauh sebelum mengakuisisi PSG Gresik menjadi Putra Safin Group (PSG) Pati, Wabup Pati Saiful Arifin telah menunjukkan kepeduliannya terhadap sepakbola terutama pesepakbola muda.

Bahkan Saiful Arifin pemilik hotel The Safin Hotel Pati itu terpilih menjadi Ketua Umum Persipa Pati dalam Musyawarah Cabang (Muscab) Askab PSSI Pati periode 2018 – 2021. Menurut R. Tri Harsono, Saiful Arifin pun melakukan berbagai upaya untuk memajukan sepakbola dengan niat dari Pati untuk nasional bahkan internasional. Wakil Bupati Pati sejak tahun 2017 ini sempat membawa perubahan signifikan di tubuh Persipa. Saiful Arifin di tahun 2019 berani mendatangkan pelatih dengan lisensi AFC Pro yakni Rudy Eka Priyambada untuk menukangi Laskar Saridin yang bermain di kompetisi Liga 3.

“Di Liga 3 tahun 2020, Saiful Arifin juga sebenarnya mencoba memberikan yang terbaik untuk Persipa dengan mendatangkan Kas Hartadi sebagai juru taktik tim. Namun sayangnya pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan kompetisi urung dilaksanakan di tahun 2020. Saat ini Kas Hartadi yang memiliki prestasi mentereng di kancah sepak bola Indonesia juga ditarik oleh Saiful Arifin untuk turut menjadi pelatih di Akademi Safin yang tengah dikembangkan oleh Saiful Arifin,” ungkap R. Tri Harsono yang salah satu familinya menjadi salah satu Direktur di KPK.

Menurut R. Tri Harsono, Saiful Arifin ingin mengangkat Kabupaten Pati dalam peta sepakbola Indonesia, juga ingin berkontribusi melahirkan pesepakbola muda untuk nasional dan bahkan internasional. Hingga tak mengherankan, dalam beberapa waktu ke depan, tanggal 20, 21, 22 Januari 2021, Putra Safin Group (PSG) Pati akan mengadakan seleksi yang terbuka secara nasional untuk merekrut pesepakbola usia muda, minimal berumur 17 tahun untuk dikontrak jangka panjang minimal tiga (3) tahun.

Apalagi Putra Safin Group Pati telah mendapat dukungan dari berbagai sponsor termasuk Bank Jawa Tengah (Jateng), Garuda Food, The Safin Hotel, Bucheri, Samaco, Mills Appareal, Goklat. “Jadi kepedulian Saiful Arifin Wabup Pati ini selayaknya mendapat dukungan positif dari berbagai elemen sepakbola mulai dari organisasi sepakbola, pelatih, tim manejemen dan lain-lain, dan jangan sampai dijebak dengan model-model mafia,” tegas R. Tri Harsono mengenai Saiful Arifin bos Putra Safin Group yang telah menunjuk tim manejemen PSG Pati dibawah Doni, dan tim pelatih dibawah Ibnu Grahan yang pernah ‘pegang’ Bhayangkara FC Liga 1 pada tahun 1996 – 1997.

Siswahyu Kurniawan penulis buku Humor Sepakbola kurang-lebih sepakat dengan yang disampaikan R. Tri Harsono, mengenai sosok tokoh Saiful Arifin Wabup Pati yang peduli pesepakbola usia muda secara nasional, tidak hanya untuk Kabupaten Pati. Untuk itu Siswahyu Kurniawan pun sepakat agar semua elemen sepakbola seharusnya mendukung dan apresiasi positif terhadap langkah-langkah Saiful Arifin. “Banyak pesepakbola muda dari kalangan yang kurang mampu secara finansial namun banyak yang tidak terakomodasi, karena kalah bersaing secara finansial. Untuk itu kita dukung kepedulian Wabup Pati Saiful Arifin,” ungkap Siswahyu Kurniawan yang juga pernah menjadi Media Officer (MO/humas) Bhayangkara FC usia muda U13-U14-U15-U16 ini.

Untuk itu menurut Siswahyu Kurniawan perlu banyak pihak peduli pesepakbola usia muda seperti yang dilakukan Saiful Arifin. Apalagi telah ada program Presiden Joko Widodo yang peduli untuk Percepatan Pembangunan Sepakbola Indonesia. Momentum itu lebih pas jika banyak figur tokoh-tokoh seperti Saiful Arifin untuk masa depan sepakbola Indonesia.

“Apalagi sudah ada kebijakan Presiden Joko Widodo untuk Percepatan Pembangunan Sepakbola Indonesia. Dan lebih-lebih Indonesia akan menjadi tuan rumah sepakbola Piala Dunia U 20 tahun 2023. Momentum yang jangan disia-siakan para pelaku elemen sepakbola,” ungkap Siswahyu Kurniawan yang juga penulis buku biografi Asmuni-Srimulat, dan buku biografi Mardjito GA yang pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Komisaris Bank Bukopin ini. (Sis).

SEKILAS MEDIA