Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 7 Januari 2021 - 05:02 WIB

Warga Desa Druju Berharap, Krisis Air Bersih Segera di Respon Pemkab Malang

 

Foto : Warga Desa Druju kec. Sumbermanjing Wetan Kab. Malang saat lakukan upaya pembuatan sumur bor.

Malang, Sekilasmedia.com – Meskipun dalam memasuki musim penghujan, warga Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini justru mengalami krisis air bersih. Tercatat ada sekitar 70 kepala keluarga (KK) yang terdampak.

Untuk mengatasinya, warga dengan swadaya menggunakan sumur bor meski tidak berhasil. Sejumlah kolam tandon akhirnya dibuat warga untuk menampung air hujan agar menjadi air bersih.

Warga setempat, Widi menuturkan, warga membuat kolam penampung air hujan dengan kedalaman 3 meter. Jika sudah penuh, warga bergantian mengambil air itu untuk kebutuhan sehari-hari.

“Ketika musim kemarau panjang, kami malah kesusahan. Biasanya membeli air bersih sekitar 5000 liter dengan harga Rp 110 ribu. Ada sih bantuan air bersih tapi gak cukup soalnya terbatas cuma 5000 liter untuk satu RT. Banyak yang tidak kebagian,” jelas Widi, Kamis (7/1).

Sehingga, lanjut Widi, warga dengan cara patungan membiayai pembangunan sumur bor. Meski sejauh ini belum bisa mengeluarkan air.

“Proyeknya berjalan sejak 2020 kemarin. Gak sukses gak keluar airnya. Proyek itu pun kami hentikan sebab sudah tak ada uang lagi. Total kebutuhan sumur bor sekitar Rp 200 juta,” bebernya.

Masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang segera merespon keluhan masyarakat sehingga bisa dibantu dalam pemenuhan air bersih.

Beberapa waktu lalu PDAM Kabupaten Malang berencana memanfaatkan air di Sungai Lesti untuk mengatasi kekeringan di wilayah Malang selatan tersebut, yaitu Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Bantur, Donomulyo, Pagak dan Gedangan.

“Kami akan manfaatkan Sungai Lesti untuk atasi kekeringan di Malang selatan. Di sana memiliki potensi air cukup berlimpah dan bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kekeringan tahunan di Malang selatan. Dengan kapasitas mencapai 500 liter/detik,” tegasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Berikan Motivasi dan Semangat, Kapolresta Mojokerto Jenguk Anggotanya Yang Opname di RS. Gatoel

Daerah

KONTES BATU AKIK “MASTERPIECE TURQUOISE COMPETITION” DI LUMAJANG

Daerah

Kampung Ramadhan JTV Di Gelar Di Alun – Alun Kota Probolinggo

Daerah

Hina Masyarakat Kalteng, Pemuda Jember Diringkus Polisi

Daerah

Kinerja Apik Polres Gresik Raih Peringkat 1 Siap Semeru

Daerah

Kapolri Hadiri Penutupan Pesmaba UMM 2023
Forum anak meramaikan kegiatan Yadnya Kasada tahun 2019

Daerah

Forum Anak Kawasan Gunung Bromo Meriahkan Rangkaian Yadnya Kasada

Daerah

Penyerahan Bansos PKL, Bupati Ajak Warga Banyak Bersyukur