Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 21 Januari 2021 - 12:10 WIB

Magetan Libatkan Banyak Pihak Ganti Nama Jalan Menur dan Jalan Samudra

Magetan, Sekilasmedia.com — Plt Kadishub Magetan Joko Trihono mengatakan, tata cara penggantian nama jalan tidak sederhana dan memiliki banyak konsekuensi. Joko menilai setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam mengubah nama jalan, dari urusan sejarah, budaya hingga administratifnya.

“Sehingga tidak menghilangkan faktor-faktor kesejarahan, faktor-faktor kebudayaan dan juga faktor-faktor administratif,kata joko saat di temui di kantornya, Rabu(20/01/2021).

Joko mengatakan, dalam pedoman penetapan nama jalan, tidak diatur pelibatan pihak-pihak yang dinilai dibutuhkan dalam penentuan nama jalan itu. Joko yang juga menjabat Kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Magetan ini menginginkan dari sejarawan, OPD terkait hingga budayawan harus terlibat serta pendapat masyarakat.

Dia menyebut bahwa ada wacana akan melakukan perubahan nama jalan di beberapa titik jalan di Magetan, yaitu mulai dari simpang empat mangkujayan dan simpang tiga jalan samudra, yang mana nama jalan itu akan di ganti nama nama tokoh di magetan

Menurutnya, penggantian nama jalan butuh proses panjang dan tidak bisa dilakukan secara gegabah. Dia menegaskan, pengubahan terusan Jalan simpang empat mangkujayan sampai simpang tiga jalan samudra menjadi nama jalan Ki Mageti, dan jalan samudra menjadi Gusti Lider baru sebatas wacana.

“Kita tidak akan sekonyong-konyong mengganti nama dengan gegabah di dalam mengganti nama akan sangat hati-hati,” katanya.

Secara pribadi Joko menilai, nama nama tokoh di Magetan perlu diabadikan menjadi sebuah jalan. Namun, kata dia, soal eksekusi di mana akan diterapkan harus mempertimbangkan berbagai faktor. Joko mengaku tak ingin menghilangkan aspek kesejarahan dan kebudayaan dalam setiap nama jalan di Magetan. (Ryn)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Surya Buka Pelatihan Pemasaran Digital Dasar

Daerah

Pemkab Lumajang Targetkan Masalah Sektor Keamanan Dan Infrastruktur Segera Selesai

Daerah

Kawal Pemilu 2024, Bawaslu Kota Mojokerto Sosialisasikan Rekrutmen PTPS

Daerah

Polresta Makota Kampanyekan Prokes dan Disiplin Lalu-lintas pada Valentine Day

Daerah

Kunjungi Lapas Lamongan, Irjen Kemenkumham Berikan Kesan Positif

Daerah

Baliho Rusak Di Terjang Angin

Daerah

Kuatkan Sinergitas TNI-POLRI, Polres Pasuruan Gelar Olahraga Bersama
Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Gelar Geliat

Daerah

Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Gelar Geliat