Baru Seminggu, Pipanisasi SPAM BGS Didemo Warga Sembayat – SEKILAS MEDIA

Baru Seminggu, Pipanisasi SPAM BGS Didemo Warga Sembayat

Baru Seminggu, Pipanisasi SPAM BGS Didemo Warga Sembayat

Gresik, Sekilasmedia.com – Proyek penanaman pipa SPAM BGS yang baru berjalan satu minggu, didemo Warga Sembayat.

Mereka memasang spanduk bertuliskan ” tuntaskan sosialisasi warga dan kompensasi, kami butuh air bersih” di alat berat milik pelaksana Proyek PT. Gemilang  tepatnya di depan gapura desa Gumeno, Senin  siang (22/2/2021).

Salah satu warga Sembayat Ali dalam orasinya dihadapan  pengawas Proyek tersebut, meminta pelaksana proyek SPAM BGS  yakni PT. Gemilang untuk berhenti sebelum adanya sosialisasi terlebih dulu.

” Kepada pelaksana proyek agar menghentikan aktivitasnya sementara waktu sebelum ada sosialisasi. Dan dikhawatirkan  dampak yang  ditimbulkan akibat aktivitas penanaman pipa  seperti pada kerusakan bangunan dan kemacetan yang bisa mengganggu aktivitas usaha warga Sembayat,” tegas Ali.

Ditambahkannya, selain itu  warga tidak ingin kasus serupa adanya penurunan tanah seperti di wilayah Bungah terjadi di Sembayat, merusak tempat tinggal  maupun tempat usaha mereka sehingga minta kompensasi.

Sebelum demo dilaksanakan, ungkap Ali,” kami sudah menyampaikan laporan  aktivitas penanaman pipa SPAM BGS ke Kepala Desa Sembayat tapi belum ada tanggapan. Maka kami lakukan demo agar segera ada tanggapan serius dari beliau. Dan aksi ini murni dari warga Sembayat sendiri.”

Kepala desa Sembayat Achmad Amin mengatakan akan menjebatani keluhan warganya dengan pihak pelaksana proyek PT. Gemilang. Seperti sosialisasi dan kompensasi akibat dampak yang ditimbulkan.

Terkait permintaan warga, humas PT.Gemilang Nano menyampaikan untuk sosialisasi, kami akan laporkan ke pimpinan dan koordinasi dengan PDAM Gresik karena butuh waktu. Kalau siap maka kami akan hubungi pihak desa.

” Sementara untuk kompensasi kita akan bicarakan dengan pimpinan juga. Setahu kami, di nota kesepakatan pengerjaan proyek pemasangan pipa SPAM BGS  dengan PDAM maupun PT. PPKT tidak ada klausul kalimat kompensasi atau tali asih bagi warga di sekitar proyek ini,” jelasnya.

Seperti di Bungah, sampai saat ini paska penanaman pipa terjadi penurunan tanah maka segera kami perbaiki. Tidak ada kompensasi ke warga sekitar lokasi SPAM BGS yang terpasang. Begitu juga nanti yang di Sembayat  sama, kalau kasusnya seperti itu. Itu tanggungjawab kami, tutur Nano.

Disampaikan humas PT. Gemilang kepada Sekilasmedia.com bahwa proyek penanaman pipa SPAM BGS di sepanjang jalan raya sembayat baru berjalan 1 minggu ini.  Kalau dihentikan, akibat demo warga kami kasihan pada pekerja proyek. Mereka makan apa. Selain itu, ada beberapa warga desa Sembayat yang kami ambil sebagai pekerja proyek ini. (rud)

SEKILAS MEDIA