PWNU Jatim Tegas Tolak Legalisasi Miras, Direspon Banyak Tokoh – SEKILAS MEDIA

PWNU Jatim Tegas Tolak Legalisasi Miras, Direspon Banyak Tokoh

PWNU Jatim Tegas Tolak Legalisasi Miras, Direspon Banyak Tokoh

 

SURABAYA, Sekilasmedia.com -Menanggapi Peraturan Presiden (Perpres) Joko Widofo Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang memperbolehkan investasi minuman keras di empat provinsi (NTT, Sulawesi Utara, Papua, dan Bali, red.), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur pun mengeluarkan Pernyataan Sikap resmi secara tertulis, Senin 1 Februari 2021.

Pernyataan Sikap tersebut ditanda-tangani oleh Rais, Katib, serta Ketua dan Sekretaris PWNU Jatim: KH. Anwar Manshur, Drs.KH.Safrudin Syarif, KH. Marzuqi Mustamar,M.Ag, dan Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad Dip SEA,M. Phil,Ph.D.

Dalam salah satu statement Pernyataan Sikap tersebut disebutkan bahwa PWNU Jawa Timur menjalankan tugas dan fungsi NU sebagai Jami’iyah Diniyah Ijtima’iyah dengan menyampaikan menyatakan sikap.

Dalam Pernyataan Sikap tersebut, PWNU menuliskan beberapa pernyataan.

Pertama, menolak segala bentuk kebijakan yang mengarah legilisasi minuman keras atau minuman alkohol yang sudah secara jelas diharamkan oleh agama dan menimbulkan kemudaratan bagi anak bangsa.

Kedua, mendorong pemerintah agar dalam memperkuat investasi ekonomi tidak menegasikan potensi kerugian atau disinsentif pada pembangunan sumber daya manusia yang berketuhanan.

Ketiga, mendorong PBNU untuk secara jelas, tegas dan bijaksana menyampaikan penolakan terhadap kebijakan pemerintah yang mengarah kepada legalisasi minuman keras atau minuman beralkohol.

Keempat, menginstruksikan kepada warga Nahdliyin di Jatim untuk tetap menjaga situasi dan kondusifitas di lingkungan masing-masing demi ketertiban bersama serta tidak terpancing untuk melakukan hal-hal yang dapat merigikan kepentingan bersama yang lebih besar.

Dengan tembusan kepada Presiden RI (Joko Widodo, red.), Ketua DPR RI (Puan Maharani, red.) dan Ketua Umum PBNU di Jakarta (KH. Said Aqil Siradj), Pernyataan Sikap tersebut menuai banyak respon dari berbagai tokoh masyarakat maupun tokoh NU di Jatim saat jurnalis media ini meminta wawasan komentar melalui seluler.

Ketika diminta komentar oleh jurnalis media ini, Gus Haji Mas Sulthon (Gus Ton/Gus Thon) salah satu tokoh Jawa Timur yang juga Kyai dan Budayawan, yang telah membantu ribuan anak yatim dan fakir miskin serta berbagai pihak yang membutuhkan, merespon bahwa hal tersebut cukup PWNU Jatim saja yang telah menyampaikan karena memang ‘wilayahnya’ PWNU Jatim.

Sedangkan tokoh lain yang enggan disebutkan nama, menyebut bahwa ada yang kurang dalam Surat Pernyataan Sikap tersebut, yaitu untuk tembusan harusnya juga ditujukan kepada: Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.  (Siswahyu).

SEKILAS MEDIA