Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 12 Maret 2021 - 05:58 WIB

Emak – Emak Probolinggo Bagikan Minuman Jamu Ke Korban Banjir

 

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Musibah banjir yang menerjang empat desa di Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo pada Rabu, (10/03/2021) lalu, mendapat perhatian dari sejumlah elemen masyarakat salah satunya emak – emak di Probolinggo.

Merasa prihatin dengan kondisi warga terdampak, membuat emak – emak ini sedikit menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu korban terdampak banjir.

Dengan membawa puluhan bungkus roti dan juga minuman jamu sejenis pokak serta kunyit asem, emak – emak ini langsung berjalan kaki melewati endapan lumpur yang sangat licin untuk memberikan makanan dan minuman tersebut secara langsung kepada warga Dusun Siwalan, RT.005 RW.002 Desa Kedungdalem, Jum’at (12/03/2021) siang.

“Sebanyak 50 bungkus berisikan roti sebanyak 5pcs dan 1 botol minuman pokak serta kunyit asem kami bagikan ke warga di Dusun Siwalan RT.005 RW.002,” Terang emak emak yang akrab disapa dengan julukan Bunda Donat

Dirinya juga mendo’akan agar warga disekitaran sungai supaya selamat dan tidak ada lagi banjir susulan yang datangnya dari luapan air Sungai Kedunggaleng akibat tanggul jebol yang tak kuat menahan derasnya aliran air.

“Ibu-ibu yang sabar iya, semoga badai ini segera berlalu, dan tetap jaga kesehatan. Semoga tidak ada lagi banjir yang datang menerjang,” Ucap emak berhijab motif bunga ini sembari mengangkat kedua tangganya dengan di aminkan warga setempat.

Ditempat yang sama, Bu Hilmi mengeluhkan tidak semua yang diperlukan itu ada seperti halnya pembalut wanita dan pampers bayi yang ia butuhkan saat ini.

“Kalau nasi, minuman, perlengkapan mandi, sudah ada yang kasih. Tapi yang saya butuhkan sekarang adalah pembalut wanita dan pampers bayi belum pernah ada yang ngasih,” ucap Bu Hilmi sembari berharap ada bantuan yang diinginkannya.

Mendapat keluhan dari Bu Hilmi, Sri Rahayu salah seorang relawan akan mengupayakan untuk mencarikan apa yang telah disampaikan bu Hilmi.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan teman teman sukarelawan untuk siap mengcover kebutuhan korban banjir utamanya bu Hilmi yang belum didapatkan, selain itu kami juga akan salurkan pakaian layak pakai,” Kata Sri Rahayu kepada media ini.

Perlu diketahui, banjir yang terjadi kemarin akibat hujan dengan intensitas deras mulai jam 13.30 WIB rabu lalu Khususnya wilayah Sumber dan Bantaran Kabupaten Probolinggo, sehingga debit air mengalami peningkatan yang bermuara di Sungai Kedungdalem sehingga tidak mampu menampung. Debit air akhirnya meluap kerumah warga pada jam 15.25 WIB di daerah Desa Kedungdalem dan Desa Dringu Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Menurut warga luapan sungai saat ini lebih besar dari pada beberapa hari sebelumnya. (Septyan)

Share :

Baca Juga

Daerah

Dirgahayu Republik Indonesia, Polisi Berikan SIM Gratis Untuk Warga Yang Lahir Pada 17 Agustus

Daerah

Kapolda Minta Bekukan Tiga Ormas Di Bali      

Daerah

Dari Pintu ke Pintu Kapolda Jatim Dengarkan Curhatan Warga

Daerah

Literasi Digital Kota Kediri
Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Kumpulkan Dana 1,4 Milyar

Daerah

Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Kumpulkan Dana 1,4 Milyar

Daerah

Bupati Mojokerto Terima Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023

Daerah

Akses Jalan Pakisaji – Kepanjen Mulai Diperbaiki

Daerah

Kapolres Gresik Hadiri Deklarasi Damai Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Gresik