LSM MGPK Dukung Penyidik KPK Tetapkan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi di PDAM Gresik – SEKILAS MEDIA

LSM MGPK Dukung Penyidik KPK Tetapkan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi di PDAM Gresik

LSM MGPK Dukung Penyidik KPK Tetapkan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi di PDAM Gresik

 

Gresik, Sekilasmedia.com – Ramainya pemberitaan soal pemeriksaan jajaran direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gresik, membuat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mendukung langkah cepat penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tersangka, Jumat (2/4/2021).

Ketua LSM Masyarakat Gresik Peduli Kemanusiaan (MGPK) Abdul Wahab, mengatakan, ramainya pemberitaan tentang jajaran Direksi PDAM Giri Tirta diperiksa KPK sangat menggembirakan masyarakat Gresik. Sebab, selama ini diduga banyak korupsi di Kabupaten Gresik yang belum dituntaskan hingga ke akar-akarnya.

Diantaranya, kasus korupsi di Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, hanya menghukum Kepala Dinasnya. Kemudian korupsi di Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPPKAD) juga hanya menyerat mantan Plt Kepala BPPKAD.

“Sekarang KPK sudah memeriksa jajaran Direksi PDAM Kabupaten Gresik, harus bisa menuntaskan semua pejabat yang terlibat sampai ke akar-akarnya. Dan harus diterapkan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU),” kata Wahab.

Wahab menegaskan, masyarakat Gresik sangat senang jika KPK berhasil membongkar jaringan koruptor di Gresik, sebab banyak proyek strategis nasional dan pemukiman nasional yang perlu diungkap dugaan korupsinya. Seperti proyek nasional Pelabuhan Internasional Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), dan Perum Perumahan Nasional (Perumnas) Kota Baru Driyorejo (KBD).

“Masyarakat Gresik sangat bersyukur jika pemberantas korupsi KPK berhasil mengungkap koruptor di Kota Wali Gresik,” imbuhnya.

Menurut Wahab, pemberantasan Korupsi di Gresik akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebab para pejabat akan enggan untuk korupsi dan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diketahui, Direktur Utama PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik Siti Aminatus Zariyah membenarkan bahwa telah dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung Kejaksan Tinggi Jawa Tmur, Selasa (30/3/2021). (rud)

SEKILAS MEDIA