Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / TENTARAKU

Kamis, 8 April 2021 - 07:34 WIB

Koramil 0821/19 Dampingi Pembuatan Saluran Irigasi Sumbersuko Lumajang

LUMAJANG, Sekilasmedia.com- Babinsa Petahunan Koramil 0821/19 Sumbersuko Sertu Iswan Dewi Samsukdin melaksanakan pendampingan pengerjaan saluran irigasi tersier sepanjang 140 meter, di Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (6/4/2021).

Hal tersebut guna Sebagai upaya mendukung peningkatan ketahanan pangan di wilayah desa binaan juga menunjang pengairan lahan persawahan kelompok tani “Harapan Baru”.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Petahunan Sertu Iswan Dewi Samsukdin, mengatakan “Bahwa pembuatan saluran irigasi ini untuk mengoptimalkan dalam mengairi areal persawahan secara merata serta melindungi kondisi tanah dan mencegah timbulnya longsor akibat struktur tanah yang lembek, Untuk memperlancar pasokan air di persawahan, perlu peningkatan sarana irigasi sebagai sarana pengairan dan pendukung dalam meningkatkan mutu dan jumlah hasil panen,” Ujarnya.

Iswan juga menyampaikan, “Bahwa sudah menjadi tanggung jawab sebagai Babinsa yang berdinas diwilayah untuk membantu dan mendampingi pemerintah dan petani dalam upaya meningkatkan hasil pertanian guna mensukseskan tujuan swasembada pangan nasional, pembuatan saluran irigasi ini tentunya tidak terlepas dari bantuan Dinas Pertanian kepada masyarakat sehingga kebutuhan sumber air dapat terpenuhi karena begitu penting dalam menunjang keberhasilan dan peningkatan produksi hasil pertanian khususnya di Desa Petahunan.” Jelasnya.

“Kita bersama masyarakat sesuai kemampuan berupaya terus pengerjaannya hingga selesai dan siap digunakan petani, apalagi menyongsong musim tanam,” Imbuhnya.

Sementara itu, Camat Sumbersuko Misjoko, SH. MM., mengatakan pembangunan jaringan irigasi ini bertujuan untuk memperlancar aliran air pada periode tanam yang akan datang sehingga petani tidak mengalami kendala dalam mengairi lahan pertanian.” Ucapnya.

Menurutnya, “Dengan dibangunnya saluran irigasi tersier ini akan membantu petani dalam mengatasi permasalahan kebutuhan air yang sering dialami petani dalam rangka mendukung suksesnya program swasembada pangan nasional.”

“Kami berharap dengan adanya saluran irigasi dapat menjadi penunjang produksi dan kualitas pertanian sehingga dapat menaikkan perekonomian Masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini,” Pungkasnya. (Hartono/ Maria)

Share :

Baca Juga

TENTARAKU

Danrem 082/CPYJ Hadiri HUT ke-59 Kowad Secara Virtual

TENTARAKU

Antusiasme Warga Kel. Batu Rosak, Mendapatkan Masker Gratis di TMMD Kodim Tapsel

TENTARAKU

Sertu Fatlilla Awasi Tes Swab Antigen Warga Yang Sedang Isoter

TENTARAKU

Aktif Laksanakan Komsos, Babinsa Desa Sidowarek Koramil 0814/14 Ngoro Semakin Di Hati Rakyat

TENTARAKU

Bentuk Kepedulian Kesehatan Masyarakat, Babinsa Koramil 0814-02 Diwek Dampingi Kegiatan Posyandu Balita dan Ibu Hamil

TENTARAKU

Program TMMD Bangun Wilayah Tertinggal dari Kemajuan

TENTARAKU

Jamban Sehat dan Bersih Lingkungan Ikut Sehat
Tasyakuran Mushola Al- Amin Setelah Dipermak Oleh Satgas TMMD Ke 105 Kodim 0825/Banyuwangi

TENTARAKU

Tasyakuran Mushola Al- Amin Setelah Dipermak Oleh Satgas TMMD Ke 105 Kodim 0825/Banyuwangi