Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Jumat, 7 Mei 2021 - 23:23 WIB

Jelang Lebaran, Walikota Mojokerto Sidak Prokes Dan Stabilitas Komoditas

 

Mojokerto, Sekilasmedia.com  –
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bergerak cepat melihat penerapan protokol kesehatan (prokes) covid-19 di beberapa tempat perbelanjaan diabaikan oleh penanggungjawab toko. Ini diketahui saat pemerintah daerah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaksanakan inspeksi mendadak di sejumlah pusat perbelanjaan, Kamis (6/5/2021).

Inspeksi di pusat perbelanjaan ini, dilakukan oleh seluruh Forkompinda dan Satgas Penanganan Covid-19 menjelang perayaan Idul Fitri untuk mencegah terjadinya kerumunan. Mengingat, kondisi pandemi belum berakhir masyarakat diminta untuk tetep menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Baik di rumah, kantor maupun pusat perbelanjaan.

“Kami hari ini melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pusat perbelanjaan. Biasnaya, menjelang Lebaran masyarakat berbondong-bondong belanja untuk merayakan di rumah. Saat kami meninjau beberapa lokasi, terdapat satu outlet di mall yang mengabaikan prokes. Ini yang harus diwaspadai, terlebih kondisi saat ini masih pandemi,” terang Ning Ita.

Wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini pun, juga menghimbau kepada seluruh masyarakat jika menemukan outlet-outlet di pusat perbelanjaan tidak menerapkan protokol kesehatan, diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan secara mandiri. Sebab, saat ini kekebalan imunitas secara komunal melalui vaksinasi belum terbentuk secara sempurna. Sehingga, kewaspadaan masyarakat masih diperlukan.

Tidak hanya protokol kesehatan yang menjadi fokus utama dalam inspeksi mendadak kali ini. Melainkan, pemerintah daerah juga memastikan ketersediaan komoditas di pasar tradisional maupun modern dapat terpenuhi. Selain itu, stabilitas harga dipastikan oleh Ning Ita dalam kondisi aman hingga Lebaran.

“Sebelum ke pusat perbelanjaan dan pasar modern, kami meninjau beberapa pedagang di pasar tradisional untuk memastikan harga komoditas. Apakah ada kenaikan atau penurunan. Ternyata, banyak komoditas yang mengalami penurunan. Sedangkan yang naik, hanya satu dua jenis saja. Dan kami memastikan, ketersediaan barang-barang komoditas masih aman sampai lebaran,” jelas Ning Ita.

Tidak hanya mengecek ketersediaan komoditas, Ning Ita beserta jajaran juga memastikan produk-produk yang dijual memiliki tanggal kadaluarsa dengan jelas. Serta produk-produk berlabel halal dan non-halal memiliki tempat yang terpisah. Sehingga masyarakat dapat berbelanja dengan aman, nyaman tanpa ada rasa khawatir. “Kami pastikan, produk yang masa kadaluarsa tidak ada, kami minta untuk tarik dari etalase,” pungkasnya.

Selain pengecekan masa kadaluarsa produk, Ning Ita juga menguji beberapa makanan dan minuman. Hal ini, untuk memastikan kualitas produk makanan atau minuman tidak tercampur bahan-bahan kimia berbahaya. Misalnya seperti formalin dan boraks. Uji sample makanan dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, di pasar tradisional, pasar modern dan mini swalayan. Hasilnya, produk-produk yang dijual aman untuk dikonsumsi serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya. (Wo/adv)

Share :

Baca Juga

Daerah

Senyum Bahagia Penyandang Difabel saat Bertemu Kapolres Mojokerto

Daerah

Kasus Mutilasi, Polisi Memeriksa Sejumlah Saksi Dan Akan Kirim Sampel Tulang Ke Labfor Polda Jatim

Daerah

Kodim 0821 Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1440 H.

Daerah

Bebaskan Desa Awang-Awang dari Prostitusi, Pemkab Mojokerto Gelar Rakor

Daerah

DKUPP Kota Probolinggo Bersama Instansi Terkait Merelokasi PKL Belakang Eratex Ke RTH Brantas
300 Dari 3500 Bidang PTSL Untuk Warga Gambiran

Daerah

300 Dari 3500 Bidang PTSL Untuk Warga Gambiran

Daerah

Babinsa Koramil 0812/ 05 Kembangbahu Berikan Wawasan Kebangsaan dan Pengenalan Pramuka

Daerah

Polisi Akan Pasang Alat Pengukur Kecepatan dan Kamera ETLE di KM 362 Tol Semarang-Batang