Wakil Ketua DPRD Magetan Berharap Warga Bijak Soal Pengelolaan Sampah – SEKILAS MEDIA

Wakil Ketua DPRD Magetan Berharap Warga Bijak Soal Pengelolaan Sampah

 

Magetan, Sekilasmedia.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan dr. Pangajoman, M.M, menggelar sosialisasi Perda nomer 6 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah dan Perda Nomer 1 Tahun 2016 yang bertempat di RT 04, RW 05, Lembeyan Kulon, Magetan, Kamis (06/05/2021)

Pada kesempatan ini, dr. Pangajoman, MM, berharap warga bisa bijak dalam hal pengelolaan sampah. Artinya, produksi sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Kita berharap, mengikuti suatau kegiatan tidak hanya seremoni tapi bisa membawa perubahan. Yakni bijak mengolah sampah di masing-masing lingkungannya,” jelas Pangajoman.

“Jadi, keberhasilan kegiatan ini peserta bawa pulang materi dan memahami. Kalau ada masalah soal sampah bisa disampaikan dengan landasan regulasi,”ungkapnya.

Lanjut Politisi Partai Demokrat, persoalan sampah merupakan masalah bersama. Sehingga, tidak hanya pemerintah tapi dibutuhkan peran aktif masyarakat guna meminimalisir produksi sampah dengan pengelolaan.

“Salah satu peran masyarakat yaitu mampu mengelola sampah dari rumah dengan memilah sampah, baik sampah basah maupun sampah kering. Menjadikan memilah sampah adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan bisa bernilai ekonomis,” bebernya.

Wakil Ketua DPRD Magetan dr Pangajoman M.M, menilai sampah bukan lagi persoalan lokal, tetapi sudah menjadi persoalan global, perlu penanganan secara serius dan terencana. Jika sampah tidak dikelola dengan baik, menurutnya banyak dampak bencana yang akan ditimbulkan.

Sosialisasi yang juga di hadiri masyarakat, kelompok bank sampah, pengurus PKK.

Bank Sampah akan mengajarkan masyarakat untuk memilih, memilah dan mengelola sampah secara bijak. “Yang pada akhirnya akan mampu mengurangi dampak yang ditimbulkan serta kuantitas sampah yang diangkut ke TPA, disamping memiliki nilai ekonomis tentunya.

Kehadiran Bank Sampah menjadi penting karena perannya diharapkan mampu mengurangi sampah secara terintegrasi dan menyeluruh.

Melalui Perda nomor 6 Tahun 2013 diharapkan Masyarakat Magetan memiliki wawasan metode dan teknik pengelolaan sampah yang baik dan benar hingga meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah di daerah melalui menjaga kebersihan dan aktif dalam kegiatan pengurangan, pengumpulan, pemilihan, pengangkutan dan pengelolaan sampah.

Semoga sosialisasi ini bisa memberikan edukasi kepada seluruh warga terutama generasi muda agar peduli terhadap pengurangan sampah khususnya di Magetan”pungkas pangajoman. (Ryn)

SEKILAS MEDIA