Ada Rudy Alfonso, Juga Zuhairi Misrawi PDIP Dan Lena Maryana PPP Diantara Calon Dubes RI – SEKILAS MEDIA

Ada Rudy Alfonso, Juga Zuhairi Misrawi PDIP Dan Lena Maryana PPP Diantara Calon Dubes RI

Ada Rudy Alfonso, Juga Zuhairi Misrawi PDIP Dan Lena Maryana PPP Diantara Calon Dubes RI

JAKARTA, Sekilasmedia.com – Usulan 32 nama Calon Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk 32 negara telah diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sebagaimana umum prosedur yang harus dilalui. Hingga dalam Rapat Paripurna DPR RI hari Kamis kemarin, 20 Mei 2021, surat Presiden Jokowi tersebut telah dibacakan oleh Wakil Ketua DPR RI yang menjadi pimpinan dalam rapat tersebut.

“Surat bernomor R/19/Pres/04/2021 tanggal 29 April 2021,” ungkap Muhaimin Iskandar yang juga adik kandung Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT, Halim Iskandar, red.) ini seraya menyebutkan bahwa surat tersebut perihal Permohonan Pertimbangan Atas Pencalonan Duta Besar Dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat.

Diantara 32 nama yang beredar, menurut R. Tri Harsono pemerhati masalah sosial Forum Peduli Indonesia Sejahtera (FPIS), terdapat sejumlah nama yang dekat dengan Presiden Jokowi atau minimal dekat dengan jaringan Presiden Jokowi. Diantara nama yang disebut R. Tri Harsono adalah Rudy Alfonso yang sangat dekat dengan Jokowi pada era sebagai Walikota Solo. Rudy Alfonso, pria berusia 56 tahun berasal dari Mambi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) ini dicalonkan untuk menjadi Duta Besar di negaranya Christian Ronaldo (pesepakbola top dunia yang memiliki anak angkat Martinus dari Indonesia, red.) yaitu Portugal yang beribu kota di Lisabon.

“Juga ada nama Lena Maryana Mukti yang merupakan politisi partai PPP yang pernah menjadi anggota DPR RI, juga ada nama Zuhairi Misrawi politisi PDIP kelahiran Sumenep yang juga Ketua Baitul Muslimin pusat merupakan salah satu organ PDIP,” ungkap R. Tri Harsono yang salah satu saudaranya, orang penting di KPK. Lena Maryana Mukti perempuan kelahiran Jakarta 22 Desember 1962 (tanggalnya bertepatan dengan HUT Hari Ibu, red.) dikenal aktif berorganisasi sejak mahasiswa melalui HMI (pernah menjadi Ketua PB HMI periode 1990 – 1992, red.), juga aktif dalam Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Asian Council For Relegion And Peace (ACRP), Parliamentary Union Of The OIC Member States (PUIC), Majelis Pakar PPP, serta sejumlah organisasi lain. Lena Maryana rencana dijadikan Duta Besar Indonesia di Kuwait.

Zuhairi Misrawi pria kelahiran Sumenep, Madura, tanggal 5 Februari 1977 yang akan dijadikan Duta Besar untuk Arab Saudi (berkedudukan di Kota Riyadh, red.) juga dikenal cukup aktif berorganisasi, sebagai salah satu intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU) yang juga penulis. Meskipun begitu, rencana penunjukan Zuhairi Misrawi menjadi Dubes RI di Arab Saudi sempat mengundang berbagai kritikan diantaranya karena Zuhairi dinilai banyak melahirkan kontroversi.

Namun menurut Siswahyu Kurniawan penulis buku Bung Karno Dan Pak Harto, mengenai penunjukan para calon Dubes RI tersebut wajar-wajar saja jika berasal dari lingkungan dekat Presiden Jokowi. Masih menurut Siswahyu Kurniawan, hal tersebut bukan merupakan politik balas jasa semata, akan tetapi yang lebih vital adalah soal trust alias kepercayaan.

Adapun 32 nama calon Dubes RI yang beberapa waktu ke depan akan dilakukan Uji Kepatutan Dan Kelayakan (Fit And Proper Test) di DPR RI tersebut adalah sebagaimana daftar dibawah ini.

1) Abu Dhabi: Extend
2).Amman: Ade Padmo Sarwono
3).Athena: Bebeb AKN Djundjunan
4).Bogota: Tatang BU Razak
5).Bratislava: Pribadi Sutiono

6).Canberra: Siswo Pramono
7).Dar Es Salam: Triyogo Jatmiko
8).Dhaka: Heru Subolo
9).Dili: Okto Dorinus Manik
10).Kabul: Gina Yoginda

11).Kolombo: Dewi Tobing
12).Kyiev: Ghafur AD
13).Lisabon: Rudy Alfonso
14).Madrid: Terawan Agus Putranto
15).Manama: Ardi Hermawan

16).New Delhi: Ina Khrisnamurti
17).Nur Sultan: M Najib
18).Ottawa: Tumpal Simanjuntak
19).Paris: M. Oemar
20).Riyadh: Zuhairi Misrawi

21).Roma: M Prakosa
22).Seoul: Gandi Sulistyanto
23).Tunis: Abdul Azis
24).Warsawa: Anita Luhulima
25).Washington, DC: Rosan P Roeslani

26).Wellington: Fientje M Suebu
27).Wina: Damos D Agusman
28).Zagreb: Suwartini Wirta
29).Kuwait: Lena Maryana Mukti
30).PTRI ASEAN: Derry Amman
31).PTRI Jenewa: Febryan Rudyard
32).PTRI New York: Armananta Natsir

(Siswahyu).

SEKILAS MEDIA