Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 9 Juni 2021 - 15:29 WIB

Bupati Gresik Gagas Jalur Poros Tengah Bawean  

Gus Yani saat memberikan bantuan keuangan kepada KPM BPNT, yatim piatu dan keluarga pra sejahtera

Gresik, Sekilasmedia.com – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani  menyampaikan gagasan untuk membangun jalan poros tengah yang menghubungkan Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Gagasan Bupati ini disampaikan saat acara Rembuk Akur yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Tambak pada Rabu (9/6/2021).

Menurut Bupati yang akrab disapa Gus Yani ini, Jalan poros tengah ini merupakan jalur lain sebagai pelengkap jalan yang menghubungkan 2 wilayah Kecamatan selain Jalan Lingkar Bawean yang sudah ada.

“Saya akan mengumpulkan semua pihak yang berkompeten untuk mematangkan rencana pembangunan jalan tersebut. Tentunya jalur tengah ini waktu tempuhnya dari Sangkapura Ke Tambah lebih cepat karena jaraknya akan lebih pendek apabila kita melewati jalan lingkar Bawean,” katanya.

Gagasan Gus Yani Bupati ini atas permintaan beberapa tetua dan tokoh masyarakat setempat. Katanya dulu ada jalur tengah yang biasa dilintasi ketika dari Sangkapura menuju Tambak. Saat itu, jalannya memang tidak layak disebut jalan, tapi bisa. Dan alangkah baiknya, jalur itu dirintis kembali untuk menjadi jalan penghubung.

“Saya menginginkan jalur tengah ini adalah merupakan sambungan jalan poros desa yang dibangun oleh beberapa desa sehingga terhubung menjadi jalan poros tengah atau jalur tengah. Telah ada beberapa Kepala yang sudah menyatakan kesiapan membantu. Selain itu beberapa tokoh masyarakat juga menyatakan siap untuk mensosialisasikan kepada masyarakat,” katanya.

Selain gagasan Jalan jalur tengah, Bupati juga menyampaikan gagasan untuk memperpanjang runway sejauh 300 meter lagi dari yang sekarang.

“Kalau Runway ini bisa lebih panjang, maka akan lebih banyak jenis pesawat yang bisa mendarat di sini. Tentu saja transportasi dari dan ke Pulau Bawean akan makin lancar. Selanjutnya banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Bawean,” katanya.

Gagasan Bupati ini juga didukung oleh para anggota DPRD Gresik yang ikut hadir mendampingi Bupati. Mereka adalah Musa yang asli Bawean dan Edy Santoso yang juga salah satu ketua DPC Partai Demokrat.

Bahkan Musa juga menjadi fasilitator dan moderator pada rembug akur warga Bawean terkait gagasan pembangunan jalan Poros tengah dan memperpanjang Runway Lapter Bawean tersebut.

Ternyata gagasan itu sangat di dukung oleh semua tokoh masyarakat dan Kyai yang hadir pada kegiatan tersebut. Bahkan ada beberapa tokoh masyarakat yang siap membantu agar gagasan tersebut segera terealisasi.

Selain penyampaian gagasan, Gus Yani juga membagikan bantuan sosial yaitu bantuan pangan non tunai (BPNT) kepada ribuan keluarga penerima manfaat (KPM). Pada kegiatan Rembug Akur yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Tambak Pulau Bawean Bupati juga memberikan beberapa bantuan kepada yatim dan para keluarga pra sejahtera. (sdm/rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Berhasil Lakukan Inovasi Vaksinasi, Kapolresta Sidoarjo Dapatkan Penghargaan dari Radar Sidoarjo

Daerah

Digelontor Air Bersih: Terima Kasih H Samwil, Ucap Warga Panjunan Duduksampeyan

Daerah

Kapolres Asahan Didampingi Bupati Asahan Salurkan 1200 Bansos

Daerah

Dandim 0815 Hadir Di Acara Halal Bihalal MUI Kabupaten Mojokerto

Daerah

Peduli Masyarakat, Kapolres Pasuruan Melaksanakan Jum’at Curhat Dan Baksos Door To Door
6000 Liter Air Bersih Dikirim Atasi Kekeringan di Wilayah Malang

Daerah

6000 Liter Air Bersih Dikirim Atasi Kekeringan di Wilayah Malang

Daerah

Peringati Hari TBC Sedunia 2021, Ning Ita Ajak Semua Pihak Perangi TB

Daerah

Pimpin Apel Ops Keselamatan Semeru 2022, Kapolresta Mojokerto : Polantas Harus Presisi