Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 29 Juni 2021 - 12:48 WIB

Mensos Apresiasi Pemerintah Kabupaten Malang dan Polres Malang Atas Penanganan Penyalahgunaan PKH

Malang, sekilasmedia.com– Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM dan Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH.MH menyambut hangat kedatangan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini di Balai Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Selasa (29/6) siang.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Mensos memuji upaya penanganan Penyalahgunaan Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Pemerintah Kabupaten Malang bersama Polres Malang. Pasalnya, penyalahgunaan ini kerap terjadi di beberapa daerah.

Dalam arahannya, Risma sempat menyesalkan kepada pihak atau oknum PKH yang dinilainya begitu tega hingga menyalah-gunakan kewenangannya sebagai pendamping para PKH.

“Hingga hak yang seharusnya menjadi milik para PKH tidak sampai diterima sepenuhnya akibat tindakan penyelewengan itu” terang Risma.

Menurut Politisi PDI Perjuangan yang juga mantan Walikota Surabaya ini juga mengatakan bahwa keberhasilan Pemkab Malang dan Polres Malang dalam penanganan tindakan tersebut dijadikan symbol penyerahan kembali kartu kepada sejumlah PKH dalam kunjungan kerjanya ke Balai Desa Kanigoro Kabupaten Malang.

BACA JUGA :   Dengan Satu ini Tempat Dan Sejuknya Pemandangan Suasana Santai Cakruk Jengki

‘’Aksi penyelewengan ini bukan hal baru, hak seutuhnya diterima penerima hak bantuan PKH ini sejak lama, yakni lima tahun. Disalahgunakan oleh seseorang oknum pendamping” ulasnya.

Menurutnya sehingga para penerima kartu PKH dan buku tabungan baru kali ini sebagai symbol pengembalian hak bagi penerima PKH.

“Terima kasih bapak Bupati Malang, Wakil Bupati Malang dan pihak Polres Malang. Saya berharap tidak ada lagi kejadian ini. Masih diusut oleh Polres Malang. Kemensos juga akan bantu penerima PKH untuk dibuatkan kartu yang baru,” jelasnya Mensos.

Disampaikan Risma, Kemensos dan Mabes Polri sudah menjalin kerjasama terkain penanganan penyalahgunaan PKH. Hebatnya, Pemkab Malang dan Polres Malang dinilainya memiliki respon cepat hingga dalam penanganan ini.

Pihaknya juga melaporkan ke Presiden Joko Widodo bahwa hal atau masalah serupa juga masih banyak terjadi di tempat lain.

Mensos juga sedang menunggu hasil penyidikan di beberapa daerah lainnya yang terjadi sejak tahun 2017. Yakni, oknum pendamping tidak menyerahkan bantuan PKH kepada penerima manfaat dengan nominal berbeda tiap penerima.

“Kita akan memberikan 10 Tenda untuk membantu Kabupaten Malang dalam penanaganan Covid 19. Perlu kita ketahui bersama bahwa di surabaya tingkat kematian melebihi 50 Orang dan perlu kita ketahui bersama bahwa varian delta ini sangat mematikan” pungkas Risma.

BACA JUGA :   Bupati Blitar Pantau BST Kemensos Tahap Kedua

Sementara Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M mengatakan bahwa Desa Kanigoro menerima barokah karena didatangi Oleh Mentri Sosial, karena Bu Mentri akan memberikan bantuan ke warga Kabupaten Malang.

“Saat ini kita masih menghadapi Pandemi Covid 19 dan saat ini kami memberikan ventilator ke RS RS di Kab. Malang untuk digunakan untuk memaksimalkan penanganan Pasien Covid 19” katanya.

Lebih lanjut menurut Sanusi bahwa di Kabuten Malang ada Cluster Hajatan di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan pada Malang raya sendiri kemarin meningkat menjadi 107 tambahan Pasien baru.

“Desa ini dua bulan lalu didatangi Oleh Presiden dan Ketua MPR RI dengan membawa barokah bagi perangkat dan warga Desa Kanigoro, semoga Desa Kanigoro menjadi pilar percontohan Desa bagi desa – desa lainnya” tuas Bupati Malang. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bertepatan Hari Jadi Kota Mojokerto Ke- 104 Pemandian Sekarsari Dibuka

Daerah

Bupati Gresik Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani Dari Kementan RI 

Daerah

Tambak Bodong, Resahkan Warga Candikusuma

Daerah

Peningkatan Angka Covid-19 di Sragen Diduga Karena Banyaknya Hajatan dan Klaster Keagamaan

Daerah

Pemkab Lamongan Gelar Festival Ekonomi Kreatif

Daerah

WABUP PIMPIN RAPAT STAF BAHAS PROGRAM PERSALINAN GRATIS SEGERA DIWUJUDKAN

Daerah

Soal Retribusi, Kades Banyuurip Mediasi Warga Penggarap Lahan  Dan Pemilik 

Daerah

Patroli Mobil Incar Satlantas Polres Blitar