Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Sabtu, 3 Juli 2021 - 20:23 WIB

Gardi Gazarin ICK Berbelasungkawa Wafat Rachmawati Soekarno, Puteri Bung Karno

Jakarta, sekilasmedia.com – Hari ini Sabtu 3 Juli 2021, Indonesia kembali berduka dengan kehilangan salah satu puteri terbaiknya Hj Rachmawati Soekarnoputri SH, MH puteri dari Bung Karno (Ir Soekarno, Presiden Pertama RI, red.), dalam usia 70 tahun. Diah Pramana Rachmawati Soekarno (nama lengkapnya, red.) yang lahir di Jakarta tanggal 27 September 1950 itu wafat hari ini sekitar jam 06.15 WIB setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta Pusat, karena Covid-19

Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri adik dari Megawati Soekarnoputeri (Presiden RI ke-5, red.) itu mengundang belasungkawa dan duka-cita dari berbagai kalangan tokoh nasional, diantaranya Gardi Gazarin SH Ketua Presidium Indonesia Cinta Kamtibmas (ICK). “Kami mengucapkan turut berbelasungkawa mendalam atas wafat Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri, semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap Gardi Gazarin yang juga pernah menjadi Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) 2014 – 2016.

Rachmawati Soekarnoputeri merupakan salah satu tokoh nasional yang pernah malang melintang dalam berbagai kehidupan politik di Indonesia, diantaranya pernah menjadi pendiri Partai Pelopor (2002 – 2012), pernah menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem (yang dipimpin Surya Paloh, red.) pada tahun 2012 – 2014, kemudian menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra (pimpinan Prabowo Subianto, red.) pada tahun 2015 – hingga wafat 3 Juli 2021.

Yang menarik karena dekat dengan ideologi awal Bung Karno, sejak Juni 2021 Rachmawati Soekarnoputri dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pembina Tim Mutiara Hitam oleh klub sepakbola Persipura Jayapura yang ditangani pelatih legendaris, Jacksen Tiago. Ketua Umum klub Persipura Jayapura adalah Benhur Tommy Mano yang juga Walikota Jayapura untuk dua (2) periode yaitu 2011 – 2016 dan 2017 – 2022, dimana pada saat Pilwalikota Jayapura tahun 2017 lalu itu Benhur Tomi Mano merupakan calon tunggal dengan partai pengusung utama, PDIP.

Dimana kala itu Rachmawati teringat pesan yang pernah disampaikan Bung Karno saat meresmikan Panitia Pembangunan Irian Barat, pada 24 September 1962. Kata Rachmawati Soekarnoputri, mengutip ungkapan Bung Karno, Pembangunan Irian Barat hanya bisa dilakukan dengan mengakumulasikan segala upaya dan tenaga, secara moral dan materiil.

Rachmawati Soekarnoputri juga pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Bidang Politik untuk masa jabatan April 2007 – Oktober 2009, dengan menjabat bersama Emil Salim, Syahrir, Ma’ruf Amin, Subur Budhisantoso, Radi A. Gani, dan Adnan Buyung Nasution.

“Sekali lagi kami mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafat Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri semoga mendapat tempat yang mulia di sisi-NYA, serta keluarga yang ditinggalkan semoga selalu diberi kesabaran dan ketabahan,” tandas Gardi Gazari ketua Presidium Indonesia Cinta Kamtibmas (ICK) ini. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926. (Siswahyu).

Share :

Baca Juga

Daerah

Walikota Probolinggo Berpesan Jangan Mudik Dulu Sebelum Covid-19 Mereda
Bersama Kejuaraan Tenis Meja, Jalin Persahabatan Antar Sesama

Daerah

Bersama Kejuaraan Tenis Meja, Jalin Persahabatan Antar Sesama

Daerah

FKUB Sidoarjo Harapkan Masyarakat Tidak Terprovokasi Jelang Sidang Sengketa Pilpres 2019

Daerah

Polisi Berhasil Ungkap Pencurian Pagar Bong Cina di Nganjuk, Pria Asal Blitar Diamankan

Daerah

Pelaku Curanmor Nekat Beraksi di PPKM Darurat Ditangkap Polisi Gresik

Daerah

Relaksasi Kredit, Khofifah Minta Perusahaan Pembeayaan/ Leasing Bantu Debitur di Tengah Corona

Daerah

3 DPRD Kota Mojokerto Dari Fraksi PDIP Menggelar Reses Ke II.

Daerah

Kapolres Kediri Kota Berikan Penghargaan Kepada Personel Yang Berpretasi