Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 18 Juli 2021 - 03:16 WIB

Sosialisasi Wujud Fungsi Pengawasan DPRD Terkait Operasional Produk Hukum Daerah

Gresik, Sekilasmedia.com – Dalam kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan kali ini, pasangan anggota DPRD Kabupaten Gresik asal Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Nur Hudi Didin Arianto dan Muhammad  Nasir mengusung tiga Perda di hadapan 50 undangan warga masyarakat dengan mematuhi prokes pada Sabtu sore (17/7/2021).

Bertempat di pendopo Gus Nur Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng, Nur Hudi Didin Arianto atau yang akrab disapa Gus Nur menerangkan fungsi utama DPRD dalam menjalankan tugasnya.

” Fungsi DPRD kabupaten atau Kota itu ada tiga yakni legislasi, anggaran dan pengawasan,” katanya.

Fungsi legislasi seperti membuat atau membentuk peraturan daerah, fungsi anggaran seperti pembahasan terkait APBD bersama Bupati dan fungsi pengawasan seperti mengawasi jalannya pelaksanaan produk hukum daerah (perda), jalannya pemerintahan eksekutif, terang Nur Hudi.

Selain itu, di tubuh dewan yang beranggotakan 50 orang ini, dalam melaksanakan tugasnya didukung oleh komisi-komisi.

Ada 4 komisi di DPRD Gresik, seperti Komisi 1 tugasnya terkait bidang pemerintahan dan perundang-undangan seperti , komisi 2  bidang perekonomian seperti PDAM, DPMPTSP, komisi 3 bidang pembangunan dan komisi 4 bidang kesejahteraan rakyat seperti tenaga kerja, kesehatan dan sosial.

Dan kegiatan sosialisasi peraturan perundangan  atau perda merupakan fungsi DPRD selaku pengawasan operasional produk hukum daerah agar dikenal masyarakat, ujar Nur Hudi.

Ditambahkan, Muhammad Nasir  bahwa produk hukum daerah berupa perda yang sudah diperdakan ini agar bisa berjalan sesuai rencana maka wajib untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Agar saat operasional perda nantinya, tidak ada masalah dikemudian hari karena sudah paham semua.

” Adapun tiga perda tersebut adalah Perda No. 3 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan dan retribusi parkir, Perda No. 4 tahun 2020 tentang penyelenggaraan dan retribusi pengujian  kendaraan bermotor (KIR) dan Perda No. 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan jaringan utilitas,” jelas Nasir.

Warga masyarakat yang hadir bisa menyampaikan tanggapannya terkait ketiga perda tersebut bisa langsung atau secara online di nomor Wa Grup, setelah terlebih dahulu mempelajarinya, ungkap dia. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Buka Bersama Keluarga Besar Yayasan Pondok Pesantren Modern Al Miftah Dan Santuni Yatim Dhuafa

Daerah

Pemkot Mojokerto Nanggap Wayang, Sedot Animo Masyarakat

Daerah

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni Menghadiri Rapat Paripurna LXXXI 81 DPRD Prov. Sumsel

Daerah

Atlet Tinju Kota Palembang Riva Novia Lolos Kebabak Final

Daerah

Mak Rini Promosikan Potensi Kabupaten Blitar Di Depan Konsulat Jenderal Amerika

Daerah

Pemerintah Kabupaten Batang Gelar Upacara Hardiknas Secara Sederhana

Daerah

Berkunjung ke PCNU, Kapolresta Sidoarjo Ajak Tangkal Hoaks Jelang Pemilu 2024

Daerah

Menang Sempurna dari Persita, Arema FC Lolos 16 Besar Piala Indonesia