Keracunan Belerang, Ribuan Ton Ikan di Danau Batur Mati Ngambang – SEKILAS MEDIA

Keracunan Belerang, Ribuan Ton Ikan di Danau Batur Mati Ngambang

Keracunan Belerang, Ribuan Ton Ikan di Danau Batur Mati Ngambang
Belasan ikan milik petani budidaya mati ngambang di permukaan keramba.

Bangli,Sekilasmedia.com-
Semburan belerang yang melanda Danau Batur, Kintamani, beberapa hari terakhir, mengakibatkan belasan ton ikan milik petani keramba jaring apung (KJA) mati sporadis.

Disebut sebut kerugaian atas peristiwa itu mencapai ratusan juta, karena mayoritas ikan yang mati sudah memasuki usia siap panen.

Dari pantauan di lokasi Senin (19/7/2021), bangkai ikan mengapung di atas permukaan air keramba. Kemungkinan fenomena itu akan terus bertambah mengingat masih banyaknya bangkai ikan di dasar keramba.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (D-PKP)  Kabupaten Bangli, I Wayan Sarma mengatakan, kematian ikan di danau batur akibat keracunan belerang. Untuk kali ini dampak yang paling parah.

“Seburan belerang dari dasar danau itu naik kepermukaan dan mematikan ribuan ikan milik petani KJA di wilayah Desa Kedisan ke timur hingga ke Desa Abang Batu Dinding,” ucapnya.

Karena dampak itu, pihaknya bersama petugas dan petani KJA bergerak melakukan evakuasi terhadap bangkai ikan dari dalam danau. Dan belasan ton ikan yang mati akhirnya berhasil diangkut.

“Sementara ini baru sekitar 17 ton bangkai ikan yang berhasil diangkat dari danau,” katanya.

Dia menambahkan, untuk fenomena semburan belerang di danau batur merupakan siklus tahunan yang biasa terjadi sekitar bulan Juli sampai September.

“Dari pengalaman sebelumnya, diperkiraan semburan belerang ini masih akan berlangsung,” tandasnya.( Soni)

SEKILAS MEDIA