Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:06 WIB

Peringati Detik-Detik Proklamasi, Polisi Ajak Pengguna Jalan Hentikan Kendaraan dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Probolinggo,Sekilasmedia.com Guna menghormati jasa para pejuang pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia. Tepat pukul 10.17 WIB, para pengendara yang melintas di perempatan lampu merah Brak, dihentikan oleh anggota kepolisian dengan membagikan bendera merah putih, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Selasa (17/8/2021).

Tak cuma berhenti. Para pengendara, terutama pengendara roda empat, juga diminta keluar, untuk berdiri sejenak di dekat kendaraannya. Beberapa pengendara yang baru saja menarik tuas rem motornya sempat bertanya-tanya dengan aksi penghentian itu. Ia mengira ada razia pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan.

Tapi setelah melihat beberapa anggota kepolisian mendatanginya, lalu memberikan bendera merah putih berukuran kecil lengkap dengan pegangannya, ternyata ada prosesi penghormatan bendera dan menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya.

Hari ini, Sat Lantas Polres Probolinggo Kota menghentikan ratusan pengendara yang melintas untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan hormat bendera merah putih. Adapun kegiatan ini serentak dilakukan oleh seluruh jajaran Kepolisian termasuk Polsek jajaran di tempat-tempat keramaian.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M. Jauhari melalui Kasat Lantas AKP Roni Faslah menuturkan, proses penghentian pengguna jalan ini untuk menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya, merupakan bentuk kecil penghargaan terhadap jasa para pahlawan pendahulu yang memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Tak hanya mengajak menyanyikan lagu wajib nasional. Polisi juga memberikan bendera merah putih kepada para pengendara yang melintas.

“Kami bersama anggota mengambil tempat di sini karena perempatan brak ini merupakan sentra arah menuju Surabaya, Kabupaten Probolinggo hingga luar daerah seperti Situbondo, Lumajang dan lainnya. Bersama masyarakat pengendara memberikan hormat kepada Sang Saka Merah Putih yang diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya”, terangnya.

“ Kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme atas peringatan detik detik proklamasi yang dilaksanakan pagi ini. kami mengajak masyarakat untuk menunjukkan jiwa nasionalisme serta untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperebutkan Kemerdekaan RI,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Hadiri Sedekah Bumi, Wabup Gresik Ajak Warga Rawat Tradisi

Daerah

Kapolresta Sidoarjo Gandeng DPD LDII Sidoarjo

Daerah

Sema’an Al-Quran, Jadikan Alqur’an Pegangan Hidup dan Toleransi Umat.

Daerah

Jelang Nataru, Polda Jateng Siapkan 76 Pos Pengamanan Di Kawasan Wisata

Daerah

Kapolres Lamongan Lakukan Patroli Pengecekan Palang Pintu Rel Kereta Api Sebidang 

Daerah

Inilah, Serah Terima Jabatan Kepala Desa Kemiri Kecamatan Panjen.

Daerah

Mendadak Renang, Cara Unik Pemkot Mojokerto Jaga Kebugaran ASN

Daerah

Bupati Gresik Gandeng OPD Berikan Semangat Para Atlet Porprov Jatim