Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 24 Agustus 2021 - 03:29 WIB

Bupati Komit akan Kurangi penggunaan Sampah Plastik, Mulai Kantor Bupati Sampai Kantor Desa

 

Gresik, Sekilasmedia.com – Langkah nyata mengurangi sampah plastik akan dijalankan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Komitmen ini disampaikan saat memberikan penghargaan kepada Siti Fitriah Ketua Asosiasi Bank Sampah Gresik pada Senin kemarin (23/8/2021).

Selain penghargaan, Siti Fitriah juga menerima hadiah laptop, printer dan seperangkat meja kursi Penghargaan juga diterima bank sampah Gemes Sekardadu Kelurahan Ngargosari Kecamatan Kebomas. Bank sampah menerima hadiah mesin pencacah sampah karena sukses mengelola sampah dan meningkatkan ekonomi nasabahnya.

“Kita harus memulai untuk pengelolaan sampah dan mengurangi penggunaan sampah plastik. Kita awali pengurangan sampah di lingkungan kantor Pemkab Gresik ini, selanjutnya ke kantor OPD dan kantor-kantor yang lain kemudian pada kantor kecamatan bahkan kantor desa,” kata Bupati usai memberikan penghargaan sebelum Rakor Forkopimda kemarin.

BACA JUGA :   Jum'at Berkah, Kapolresta Mojokerto Berikan Santunan Pada Anak Yatim

Terkait kebijakan Bupati mengurangi sampah plastik, Kepala bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi pada Selasa (24/8/2021), dikantornya mengatakan bahwa sesuai data Kementerian Lingkungan Hidup ada 9,85 milyar lembar sampah kantong plastik dihasilkan setiap tahun dan mencemari lingkungan selama lebih dari 400 tahun.

“Hanya 5 persen sampah kantong plastik yang bisa didaur ulang, sisanya menguasai hampir 50 persen lahan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan butuh lebih dari 100 tahun untuk terurai,” katanya.

BACA JUGA :   Melalui Pemantapan UHC, Puskesmas Mampu Berikan Layanan Kesehatan Prima Bagi Masyarakat

Cara mengurangi sampah plastik di lingkungan kantor diantaranya membawa bekal makanan dari rumah, membawa tempat minum sendiri, makan dengan menyiapkan peralatan makan, membawa tas yang tidak sekali pakai (bukan kresek), kurangi konsumsi kopi dan minuman kemasan tentunya mengelola sampah plastik dengan baik.

Seperti yang disampaikan Bupati untuk pengurangan sampah plastik di kantor Pemkab Gresik agar ASN membawa botol minum dan tempat makan yang bisa digunakan berulang kali demi menyukseskan upaya tersebut.

“Mulai dari sekarang dan seterusnya kita harus menghindari penggunaan sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan,” ucapnya. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Guntur Wahono : Reses Berjalan Kondusif, Ricuh Usai Reses Bukan Soal Uang, Itu Ulah Perusuh

Daerah

Seorang Laki-laki Meninggal Dunia Mendadak Di Pabrik CV Rimba Makmur

Daerah

WABUP DAN FORKOPIMDA PANTAU PENYELENGGARAAN PEMILU 2019

Daerah

Abdul Hakam Sekum PW MES Jatim Lega, Sinergi MES & KADIN, Dalam Jatim Halal Fest Dibuka Menkop Teten

Daerah

BPPKAD dan LPKN Gelar Bimtek Kesekretariatan dan Pengelolaan Administrasi Perkantoran Modern

Daerah

Bupati Gresik Mendampingi Menteri Pertanian, Saat Tinjau Pelaksanaan Penyuntikan Vitamin Pada Sapi Ternak Warga

Daerah

Pemerintah Asahan Tanda Tangani Naskah Perjanjian Kerjasama Dengan 12 Instansi Penyedia Layanan

Daerah

Bersama Bu Min, Ratusan Alumni PMII Gresik Gelar Halal Bihalal dan Talkshow