Pangdam V/Brawijaya Buka TMMD Ke-112 Di Mojokerto – SEKILAS MEDIA

Pangdam V/Brawijaya Buka TMMD Ke-112 Di Mojokerto

Pangdam V/Brawijaya Buka TMMD Ke-112 Di Mojokerto
Pangdam V/Brawijaya saat membuka TMMD Ke-112 TA. 2021 Desa Duyung, Trawas, Mojokerto

Mojokerto,Sekilasmedia.com – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 TA. 2021 Kodim 0815/Mojokerto, di Pendopo Duyung Trawas Hill (DTH), Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (15/09/2021). Pembukaan TMMD ini juga tersambung secara virtual dengan jajaran Kodim yang melaksanakan TMMD, yakni Kediri, Blitar, Pamekasan dan Malang.

Gelaran kegiatan bertema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, selain dihadiri Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, juga dihadiri Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mewakili Kapolda dan Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur M. Hadi Wawan Guntoro mewakili Gubernur. Turut serta mendampingi Pangdam dalam kegiatan tersebut, antara lain Danrem 082/CPYJ Kolonel M. Dariyanto, Asintel dan Aster Kasdam V/Brawijaya, Pamen Ahli, Pa Liaison TNI AL, Pa Liaison TNI AU dan Kapendam V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Hariyadi.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., dalam sambutannya, diantaranya, menyampaikan, pada dasarnya TMMD merupakan wujud kecintaan TNI terhadap rakyat serta implementasi kemanunggalan TNI – Rakyat. Program TMMD Ke-112 yang dimulai hari ini sampai dengan tanggal 14 Oktober 2021 diselenggarakan di 5 wilayah, yaitu Kabupaten Blitar, Kediri, Mojokerto, Malang dan Pamekasan, diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal.

Di samping pembangunan fisik yang ditentukan berdasarkan aspirasi masyarakat setempat dan dilaksanakan secara bergotong royong bersama komponen bangsa lainnya, kegiatan TMMD Ke-112 juga melakukan program-program nonfisik untuk memperkuat kemandirian dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi ancaman maupun pengaruh-pengaruh negatif dari perkembangan global. “Dengan demikian, TMMD diharapkan memiliki arti dan peran strategis dalam pembangunan bangsa melalui penguatan semangat kebersamaan gotong royong serta nilai-nilai luhur bangsa yang dilakukan secara terintegrasi.

TMMD kali ini bertema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”. Semoga tema ini dapat menjadi sumber inspirasi, motivasi, dan inovasi bagi semua yang terlibat TMMD dalam membantu Pemerintah melakukan percepatan pembangunan di segala bidang, tentunya bukanlah dicapai dengan sendirinya oleh TNI, tetapi semuanya adalah berkat kerjasama yang baik antar stakeholder terkait.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam V/Brawijaya juga mengingatkan, bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir, untuk itu seluruh masyarakat untuk senantiasa mendukung program pemerintah dalam upaya memutus dan mengendalikan penyebaran wabah Covid-19. Disamping penguatan dalam penerapan disiplin protokol kesehatan, upaya pembentukan herd immunity melalui program vaksinasi harus segera diwujudkan. Untuk itu diperlukan kerja keras Pemerintah Daerah dengan didukung oleh seluruh instansi dan komponen bangsa lainnya baik dalam membangun kesadaran masyarakat maupun dalam pelaksanaannya.

Sebelum menutup sambutannya, Pangdam V/Brawijaya meminta semua prajurit dan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD Ke-112, untuk melaksanakan kegiatan TMMD dengan penuh semangat dan tanggung jawab, sebagai wujud pengabdian terhadap rakyat dan juga merupakan suatu amanah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kenali kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat, tampilkan jati diri sebagai prajurit yang selalu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Optimalkan partisipasi dari komponen masyarakat guna membangun komunikasi sosial secara efektif dengan seluruh lapisan masyarakat. “Tak kalah pentingnya, dalam bekerja selalu mengikuti protokol kesehatan, yaitu tetap memakai masker, jaga jarak aman, dan hindari kerumunan yang tidak berarti”, pintanya.

Pantauan di lapangan, kegiatan pembukaan TMMD diawali dengan Paparan Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., selaku Dansatgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto, dilanjutkan sambutan Bupati Mojokerto dr. Hj. Ikfina Fahmawati, M.Si, Sambutan Gubernur Jawa Timur yang dibacakan Kasat Pol PP Provinis Jatim Drs. M. Hadi Wawan Guntoro.

Pernyataan Pembukaan TMMD Ke-112 Tahun 2021 Kodim 0815/Mojokerto dengan ditandai pemukulan Gong oleh Pangdam V/Brawijaya dilanjutkan penandatanganan Naskah Serah Terima Pekerjaan dari Bupati Mojokerto kepada Dandim 0815/Mojokerto selaku Dansatgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto dihadapan Pangdam V/Brawijaya, disaksikan Forkopimda Jatim dan Danrem 082/CPYJ serta penyerahan secara simbolis alat kerja oleh Pangdam V/Brawijaya kepada perwakilan serta penyerahan bantuan secara simbolis berupa bibit tanaman produktif (pohon durian) dan paket Sembako oleh Pangdam V/Bawijaya beserta Forkopimda Jatim, Danrem 082/CPYJ, dan Bupati Mojokerto.

Sebelum acara berakhir, Pangdam V/Brawijaya didampingi Forkopimda menyapa Satgas TMMD Ke-112 dari empat Kodim lainnya melalui virtual. Selanjutnya Pangdam V/Brawijaya meninjau kegiatan Baksos vaksinasi, donor darah, layanan administrasi kependudukan, pajak, SIM, dan gelaran produk unggulan. Peninjauan di sasaran fisik, yakni SDN Duyung dan jalan lingkungan menjadi penutup kegiatan Pangdam V/Brawijaya di lokasi TMMD Ke-112 TA. 2021 Kodim 0815/Mojokerto, di Desa Duyung, Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kapolres Mojokerto, PJU Polda Jatim, Ka OPD Provinsi Jatim, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Dan/Ka Balak dan Para Kasi Korem 082/CPYJ, Ka OPD Pemkab Mojokerto, Forpimka Trawas dan Kades Duyung.(dim/wo)

SEKILAS MEDIA