Menteri Kelautan Diisi Rokhmin Dahuri, Kepala BIN Andika Perkasa, Menteri Non-Partai Rawan Diganti – SEKILAS MEDIA

Menteri Kelautan Diisi Rokhmin Dahuri, Kepala BIN Andika Perkasa, Menteri Non-Partai Rawan Diganti

Menteri Kelautan Diisi Rokhmin Dahuri, Kepala BIN Andika Perkasa, Menteri Non-Partai Rawan Diganti

JAKARTA,Sekilasmedia.com Dalam berbagai kesempatan, sejumlah pihak pengamat menyebut akan terjadi pergantian sejumlah menteri (Reshuffle Kabinet, red.). Yang intens membicarakan hal tersebut diantaranya adalah Immanuel Ebenezer (Ketua Relawan Jokowi Mania/Joman, red.), Catur Nugroho (koordinator Kawan Bung Hatta, red.), Jerry Masie (Direktur Political And Public Policy Studies/P3S, red.), R. Tri Harsono Forum Peduli Indonesia Sejahtera (FPIS, red.), serta banyak pihak lain yang enggan disebut nama.

R. Tri Harsono terang-terangan menyebut nama Sakti Wahyu Trenggono agar digeser menjadi menteri di bidang lain, sedangkan untuk posisi Menteri Kelautan Dan Perikanan (KKP) menurut R. Tri Harsono lebih pas diserahkan kepada Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS, pria kelahiran Cirebon 16 November 1958, yang merupakan salah satu ahli paling mumpuni di Indonesia untuk bidang KKP.

“Rokhmin Dahuri paling pas menjadi Menteri Kelautan Dan Perikanan ke depan, sebab termasuk paling mumpuni, serta memiliki pengalaman yang paling komplit secara nasional maupun internasional,” ungkap R. Tri Harsono yang salah satu saudaranya, salah satu orang penting KPK.

Sedangkan menteri-menteri lain yang layak diganti ataupun di-rolling, menurut R. Tri Harsono banyak, termasuk menteri-menteri yang berasal dari luar partai termasuk Teten Masduki, Pratikno, Muhadjir Effendy dan masih banyak yang lain. “Untuk memaksimalisasi pencapaian yang lebih tinggi dari kinerja Presiden Jokowi, adalah hal wajar-wajar saja adanya pergantian menteri atau reshuffle kabinet,” ungkap R. Tri Harsono dalam diskusi terbatas kemarin, Jumat 17 September 2021.

R. Tri Harsono juga mengungkapkan ada kesamaan pandangannya dengan Catur Nugroho Koordinator Kawan Bung Hatta Bandung Catur Nugroho yang menyoroti temuan Arus Survei Indonesia (ASI), bahwa reshuffle kabinet sangat mungkin dalam waktu dekat.

Diantara kesamaan pandang R. Tri Harsono dengan Catur Nugroho bahwa posisi menteri yang berasal dari luar partai politik terincar di-reshuffle, seperti Teten Masduki, Bahlil Lahadalia, Pratikno, hingga Nadiem Makarim.

R. Tri Harsono juga menyebut Menteri Koordinator PKM Muhadjir Effendy yang non-partai juga rawan diganti dari PAN yang baru masuk koalisi pemerintahan, dimana sangat mungkin Menko PKM diganti Zulkifli Hasan yang juga ketua Umum DPP PAN. Bahkan bisa juga artis Desy Ratnasari, anggota DPR RI PAN, dibawa masuk kabinet. Wanita kelahiran Sukabumi 12 Desember 1973 itu dinilai semakin kuat posisinya di PAN.

Berbagai sumber lain juga menyebut kemungkinan pergantian ataupun pergeseran yang lain, termasuk terkait akan pensiun-nya Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dimana Hadi Tjahjanto akan di-plot menjadi Kepala KSP (menggantikan Moeldoko, red.), lalu Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Kepala BIN (menggantikan Budi Gunawan, red.), Budi Gunawan akan ditarik menjadi menteri, sedangkan Panglima TNI diisi dari matra laut sesuai ‘gilirannya’ yaitu Laksamana TNI Yudo Margono yang kini menjabat KSAL.

Sekadar catatan, menteri yang juga kemungkinan akan diganti menurut Immanuel Ebenezer (ketua Relawan Joman) diantaranya adalah M.Luthfi (Menteri Perdagangan), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan) dan Pratikno Menteri Sekretaris Negara.

Sedangkan sumber lain juga menyebut sejumlah nama lain yang akan gabung dalam kabinet diantaranya adalah Sufmi Dasco. Politisi senior Partai Gerindra kelahiran Bandung 7 Oktober 1967 yang low profile dan bijak itu menurut sejumlah sumber disebut pas untuk menjadi Menkopolhukam. Juga ada yang menyebut agar Yenny Wahid ditarik masuk kabinet. Puteri Gus Dur kelahiran 29 Oktober 1974 itu dinilai telah mumpuni dengan jam terbang yang dimilikinya selama ini. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926. (Siswahyu).

SEKILAS MEDIA