Satgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto Awali Kegiatan Non Fisik Melalui Sosialisasi Wawasan Kebangsaan – SEKILAS MEDIA

Satgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto Awali Kegiatan Non Fisik Melalui Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Satgas TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto Awali Kegiatan Non Fisik Melalui Sosialisasi Wawasan Kebangsaan
Kegiatan Penyuluhan pada Sasaran Non Fisik TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto di Ruang PKK Balai Desa Duyung Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto

Mojokerto,Sekilasmedia.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 TA. 2021 Kodim 0815/Mojokerto di Desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, hingga kini masih terus berlangsung. Memasuki hari kedelapan, Rabu (22/09/2021), Satgas TMMD mulai menggarap sasaran non fisik.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang PKK Balai Desa Duyung tersebut diawali sambutan sekaligus kata pembuka Kadis PMD Kabupaten Mojokerto yang diwakili Kasi Peningkatan Partisipasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Prihastuti Wulandari, ST., diantaranya menyampaikan, TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto ini, merupakan kerjasama dan kolaborasi TNI dengan Pemkab Mojokerto serta masyarakat Desa Duyung dalam membangun desa. Selain sasaran fisik, dalam TMMD ini juga terdapat sejumlah sasaran non fisik dalam bentuk penyuluhan/sosialisasi dalam rangka memberdayakan masyarakat, yang dilaksanakan oleh TNI (Kodim 0815/Mojokerto), Polres Mojokerto dan OPD Pemkab Mojokerto.

Berikutnya sosialisasi wawasan kebangsaan oleh Pgs. Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf Achmad Djailani, dengan materi bertajuk Sistem Penguatan Karakter Dalam Bentuk Bela Negara, dengan peserta sebanyak 30 orang terdiri dari Anggota Linmas, Satgas Covid Desa, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Perwakilan Masyarakat.

Mengawali materinya, Pgs. Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Inf Achmad Djailani, memaparkan nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai dasar ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Tak hanya sebatas itu, dalam paparannya, pemateri juga menjelaskan nilai dasar wawasan kebangsaan, yakni, penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu, Cinta tanah air dan bangsa, Demokrasi / kedaulatan rakyat, Kesetiakawanan sosial, dan Masyarakat adil dan makmur.

Lebih jauh dipaparkannya, penguatan kembali atau revitalisasi wawasan kebangsaan ini sangat diperlukan dan merupakan sesuatu yang mutlak harus dilakukan demi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Jadi kesadaran berbangsa dan bernegara ini harus ditumbuhkan kembali, dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, tandasnya.

“Namun tentunya penguatan kembali wawasan kebangsaan ini harus dibarengi dengan pembinaan keagamaan, moralitas dan akhlak, agar generasi muda menjadi generasi yang berkarakter, berakhlak dan berwawasan kebangsaan”, pungkas Kasdim 0815/Mojokerto saat menutup materinya.

Selain materi wawasan kebangsaan, di hari pertama kegiatan non fisik ini, juga dilakukan penyuluhan Peran Satlinmas Dalam Mencegah Penyebaran Covid 19 oleh Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Drs. HM. Karel, M.M., dan Peran Aktif Masyarakat Dalam Kampung Tangguh Pada Masa Pandemi Covid-19 oleh Kapolsek Trawas AKP Didit Setiawan, S.H.

Tampak hadir dalam kegiatan, antara lain Camat Trawas Drs. Agus Subiyakto, M.Si., Danramil 0815/17 Trawas Kapten Arh Suminto, Danki SSK TMMD Ke-112 Lettu Arh Jatmiko, Staf Ter Kodim 0815/Mojokerto, Kades Duyung Jurianto Bambang S, Babinsa Serma Supi’i dan Bhabinkamtibmas Duyung Bripka Ahmad Asmuni.

SEKILAS MEDIA