Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 20 Oktober 2021 - 05:26 WIB

Soal Kekosongan Wakil Walikota Mojokerto, SOKSI Buka Suara

Ketua SOKSI Kota Mojokerto Siti Tokhmatus Sa’diyah

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Untuk mengisi Jabatan Wakil Walikota Mojokerto yang saat ini masih kosong, SOKSI (Senta Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), Kota Mojokerto mulai buka suara.

Hal ini disampaikan langsung oleh ketua SOKSI Kota Mojokerto Siti Rokhmatus Sa’diyah, Ia menyampaikan bahwa yang patut dan layak untuk menjadi Wakil Walikota Mojokerto sebagai pengganti Cak Rizal Almarhum adalah orang dari Golkar, pasalnya Golkar merupakan partai pengusung baik Walikota maupun Wakil Walikota saat itu,” kata aktifis muda tersebut.

Siti mengatakan, Saya selaku ketua Depicab( Dewan Pimpinan Cabang) SOKSI Kota Mojokerto beserta pengurus menilai yang pantas untuk mengisi kekosongan Wakil Walikota harus dari partai Golkar,” tegasnya.

Ditambahkan Siti, SOKSI merupakan Organisasi sayap Partai GOLKAR, sangat mendukung apabila Wakil Walikota nanti diambilkan kandidat dari partai Golkar, dan bukan dari partai lain.

” Golkar merupakan partai pengusung yang bisa membawa Ning Ita maupun Cak Rizal menjadi Walikota dan Wakil Walikota.

Untuk diketahui Cak Rizal telah pulang di pangkuan Illahi maka harus ada pengganti yang mumpuni yakni penggantinya harus dari Golkar,” ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, terkait mekanisme pengisian Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri atau diberhentikan diatur dalam Pasal 173 UU Nomor 10 Tahun 2016.
Dalam pasal ini diatur bahwa “Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Wali Kota menggantikan Gubernur, Bupati, dan Walikota.”
Sedangkan mekanisme pengisian wakil gubernur, wakil bupati, dan wakil wali kota diatur dalam Pasal 176 UU Nomor 10 Tahun 2016.
Disebutkan jika Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Wali Kota berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, atau diberhentikan, pengisian Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Wali Kota dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota.

masih kata Siti, pemilihan itu didasarkan pada usulan dari partai politik atau gabungan partai politik pengusung.
Disebutkan bahwa partai politik atau gabungan partai politik pengusung mengusulkan dua orang calon Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Wali Kota kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melalui Gubernur, Bupati, atau Wali Kota.

Dua calon itu kemudian dipilih dalam rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Adapun pengisian kekosongan jabatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Wali Kota dapat dilakukan jika sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan terhitung sejak kosongnya jabatan tersebut,”terangnya pada awak media, Rabu (20/10/2021).

Untuk diketahui, ketika itu ada 4 pasangan calon di antaranya pasangan Warsito–Moeljadi diusung PAN dan PKS, pasangan Akmal Budianto–Rambo Garudo diusung PDIP, pasangan Andi Soebiakto-Ade Ria Suryani diusung Partai Demokrat, PKB, PPP, serta pasangan Ika Puspitasari–Ahmad Rizal Zakaria yang diusung Partai Golkar dan Gerindra.

“Jadi untuk menggantikan wakil Walikota mojokerto yg berhalangan tetap nantinya tinggal usulan dari partai pengusung yaitu Golkar satu calon dan Gerinda satu calon untuk dilakukan pemilihan di rapat paripurna,” pungkasnya.(wo)

Share :

Baca Juga

Arema FC vs Persela Dalam Penyisihan Group B Piala Gubernur Jatim 2020 Berakhir 3-1

Daerah

Arema FC vs Persela Dalam Penyisihan Group B Piala Gubernur Jatim 2020 Berakhir 3-1

Daerah

Upaya Pemahaman Pentingnya Jenjang Pendidikan Tinggi, SMA 1 Kutorejo Berikan Study Kampus 

Daerah

UPT SDN 247 Gresik Gelar Peringatan Hari Guru Nasional 2022

Daerah

Kapolres Mojokerto Terima Kunjungan Bawaslu Kabupaten Mojokerto.

Daerah

Bupati Blitar Buka Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Cukai

Daerah

Libur Isra’ Miraj,Tim Pamor Keris Polres Gresik Memastikan Prokes

Daerah

Pemkab Sidoarjo Kirim 70 Kafilah Untuk Berlaga di MTQ Jawa Timur ke XXIX di Pamekasan

Daerah

Pastikan Minyak Goreng Tetap Tersedia di Pasaran, Polres Mojokerto Kerahkan seluruh Jajaran