Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 10 November 2021 - 05:33 WIB

Sekda Gresik Membuka Kegiatan Rakor Penyusunan Jadwal Retensi Arsip Tahun 2021

Gresik, Sekilasmedia.com – Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik mengadakan rapat koordinasi penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) di lingkungan pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2021, bertempat di Aula Putri Mijil Pendopo Kabupaten Gresik, Rabu (10/11/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil saat membuka kegiatan mengatakan bahwa penyusunan JRA ini memiliki peran yang sangat penting.

“Arsip kegiatan OPD Ini digunakan sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta sebagai acuan pemimpin dalam membuat keputusan,” ujar Washil.

Lebih lanjut, Ia mengibaratkan bahwa JRA seperti tongkat bagi Tuna Netra. Tongkat tersebut berfungsi sebagai penunjuk jalan, sekaligus sebagai pencegah  agar tidak mengalami celaka.

“Dengan pentingnya peran JRA tersebut, maka penyusunan arsip ini hukumnya wajib. Dan bagi yang tidak melaksanakan akan dikenakan sangsi,” tegasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaam dan Kearsipan Kabupaten Gresik Ninik Asrukin, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan rapat koordinasi ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai tanggal 10-11 Nopember 2021, dan dihadiri oleh pejabat terkait sebanyak 38 orang dari OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Gresik dan komisi 4 DPRD Kabupaten Gresik yang diketuai oleh H. Mochammad S.E., M.HP.

Harapannya, dengan diadakannya rapat koordinasi ini adalah bisa di dapat pemahaman substansi JRA sebagai pedoman penyelamatan arsip, serta mendorong tertib arsip bagi OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Gresik guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntable, selain itu juga untuk menjamin keselamatan bahan pertanggungjawaban nasional dan mewujudkan konsistensi dalam penyusunan arsip. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Peringatan Maulid , Wabup Ajak Teladani Sifat Nabi Muhammad.

Daerah

Kapolres Gresik Hadiri Serbuan Vaksininasi Pondok Pesantren Yang di Gelar Oleh Jajaran Kodam V Brawijaya
Futsal Arek TV Di Buka Wakil Bupati Sidoarjo

Daerah

Futsal Arek TV Di Buka Wakil Bupati Sidoarjo

Daerah

Tuntut Pembatalan SK, Rombongan Formatur Muscab IX bersama 15 PAC PPP se-Kabupaten Protes Ke DPP

Daerah

Soal Perwali Nomor 55 Tahun 2020, Disinggung Dewan Saat Reses
90 Peserta Pembalab Sepeda Angin Dari 26 Negara, Akan Melintasi Kota Lumajang

Daerah

90 Peserta Pembalab Sepeda Angin Dari 26 Negara, Akan Melintasi Kota Lumajang

Daerah

Wakil Bupati Hadiri Tahlil Kubro Muslimat-Fatayat NU se-Kecamatan Driyorejo

Daerah

Polres Magetan Berangkatkan Dua Bus Balik Mudik Gratis