Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 14 November 2021 - 04:31 WIB

Tahura Bali, Jadi Showcase Pimpinan Dunia di KTT G-20 

Kondisi kawasan hutan mangrove yang akan di tata di Denpasar selatan

Badung,Sekilasmedia.com –
Jadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, Oktober 2022 mendatang. Sejumlah kawasan strategis di Bali akan ditata. Diantaranya kawasan Hutan Mangrove yang akan dijadikan showcase (unjuk diri) pada pemimpin dunia yang hadir nantinya.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam rapat persiapan showcase mangrove untuk G-20 di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Sabtu (13/11) mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk penyiapan showcase mangrove untuk kegiatan KTT G-20 nanti.

“Pesan bapak presiden, untuk 1.000 hektare lebih hutan mangrove di Bali akan kita tata dengan baik. Terutama pada tempat penyemaian mangrove yang jadi konsen bapak Presiden Jokowi,” kata Gubernur Koster.

Dalam rapat yang dihelat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tersebut, Gubernur Koster menyampaikan bahwa dirinya sudah membentuk tim yang akan bergerak menyusun penataan kawasan mangrove beserta pendukungnya. Khusus untuk penataan mangrove, telah menugaskan tim yang selalu melaporkan perkembangan kepada ibu Dirjen (Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, red) untuk diselesaikan secepatnya.

“Tak hanya itu, Pemprov Bali juga sudah mengeluarkan kebijakan yang mendukung perlindungan tanaman endemik,” ujar Koster.

Menurut Gubernur, kebijakan yang dimaksud adalah regulasi Pergub Nomor 29 tahun 2020 tentang pelestarian tanaman lokal Bali sebagai Taman Gumi Banten, Puspa Dewata, Usada dan Penghijauan. Selain itu, juga mendukung penuh penataan hutan mangrove, yakni akan menjadikan program energi bersih yang sedang digeber Pemprov Bali sebagai showcase.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya mengungkapakan, agenda dalam rapat serta peninjauan kemarin adalah mencapai kesepakatan dan suatu dukungan pada showcase mangrove yang akan menjadi agenda utama KTT G-20, selain persidangan dan side event lainnya. Juga akan ada ‘atraksi’ khusus dari negara presidensi dan mangrove salah satunya.

“Memang ada misi penting bahwa mangrove ini akan jadi konsen 39 pemimpin negara-negara yang hadir. Mangrove menjadi simbol dari perbaikan dan pemulihan lingkungan,” jelas Menteri Siti Nurbaya.

Di tempat sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono memaparkan, dalam KTT G-20 Oktober 2022 nanti, Indonesia sebagai presidensi-nya. KTT G-20  akan mengambil tema besar ‘recover together, recover stronger.

“Hal tersebut berdasarkan pada perubahan iklim yang menjadi kerangka kita dalam tema tersebut,” ujar Menteri Basuki Hadimuljono

Bukan hanya pada KTT G-20 saja, kita ke depannya ingin mengangkat potensi mangrove dan terus konsen dalam pengembangannya. Untuk itu mari tunjukkan kepada pemimpin dunia di G-20 bahwa Indonesia tidak main-main dalam mengembangkan mangrove. Bahkan, pengembangan mangrove menurut Menteri Basuki merupakan komitmen Indonesia untuk mengambil peran besar dalam isu-isu perubahan iklim.

“Melalui G-20, kita ingin perlihatkan pada dunia bahwa kita bisa memimpin misi penyelamatan bumi, melalui pengembangan dan penyelamatan mangrove. Jadi dalam satu snapshot, akan jadi headline di media-media dunia bahwa Indonesia ada dalam misi tersebut bersama 39 kepala negara yang hadir,”  jelas Menteri Basuki.

Seusai rapat yang juga melibatkan jajaran Kementerian Sekretaris Negara serta Kementerian Luar Negeri RI tersebut, Menteri LHK, Menteri PUPR, serta Gubernur Koster yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra langsung meninjau Hutan Mangrove Bali atau Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai di kawasan Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan yang akan menjadi showcase dan dikunjungi para delegasi KTT  G-20. (Sony)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kunjungi Kawasan Wisata Pacet, Bupati Mojokerto Tekankan Protokol Kesehatan Pengunjung

Daerah

Sambut Hari Juang TNI AD Tahun 2022, Dandim Hadiri Ziarah Rombongan.

Daerah

Polresta Mojokerto Semprotkan Desinfektan ke rumah warga yang terpapar Covid-19

Daerah

Forkopimda Kota Mojokerto Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Daerah

Tinjau Tanggul Jebol di Desa Cermen, Kapolres Gresik Bantu Sembako

Daerah

FPK Kabupaten Mojokerto Periode Tahun 2020-2024 di Kukuhkan Bupati

Daerah

Bupati Yani Sosialisasikan Budaya Kerja untuk Penyederhanaan Birokrasi
Walikota Dukung Program Polri Peduli Lingkungan

Daerah

Walikota Dukung Program Polri Peduli Lingkungan