Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Daerah

Senin, 15 November 2021 - 10:42 WIB

Edarkan Obat Tanpa Izin Edar, Pria Duwet Wates – Kediri Ditangkap

Kediri,Sekilasmedia.com Budi Santoso, 34, warga Dusun Japang Desa Duwet Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Jawa Timur, diamankan petugas Sat Resnarkoba Polres Kediri. Perkaranya, dia diduga mengedarkan pil sediaan farmasi tanpa izin.

Informasi yang dihimpun Sekilasmedia.com, pemuda itu diamankan Kamis ( 11/11/201) lalu sekitar pukul 18.30 WIB. Dia diamankan di rumahnya sendiri dan langsung dibawa ke mapolres untuk penyelidikan lebih lanjut.

Penangkapan tersangka merupakan tindak lanjut dari informasi masyarakat yang diterima petugas bahwa di area lokasi penangkapan marak peredaran pil polos warna putih yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat, kemanfaatan atau mutu.

Kasi Humas Polres Kediri AKP Ratmoko Budi Lartono mengatakan, setelah petugas mendapat informasi dari masyarakat kemudian melakukan serangkaian penyelidikan secara intensif, dan akhirnya tersangka ditangkap tanpa adanya perlawanan.

Tersangka dianggap melakukan tindak pidana dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar.

“Barangnya tidak memenuhi standar, khasiat atau kemanfaatan dan mutu. Pil itu berupa pil warna putih polosan,” katanya.

Karena itu, ia langsung ditangkap dan dibawa ke mapolres. Ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Kami bawa untuk kepentingan penyelidikan,” jelasnya.

Selain berhasil mengamankan pelaku, pihaknya juga berhasil mengamankan 23 butir Pil warna putih, dan juga 1 handphone merk Oppo warna biru.

Akibatnya, tersangka dijerat pasal 197 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan Jo pasal 60 ayat (10) UU RI No. 11 tahun 2020 tentang Cipta kerja atau pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan. ( Hernowo )

Share :

Baca Juga

Daerah

Kebut Vaksinasi Anak, Polresta Banyuwangi Jemput Bola di Rest Area Tamansari

Daerah

Semarak HUT Bhayangkara Ke-76, Forkopimda Kabupaten Mojokerto Ikuti Fun Bike

Daerah

Bupati Bersyukur  Kerukunan Umat Beragama di Sidoarjo Terjaga dengan Baik

Daerah

Launching Angkutan Pemandu Moda, Ning Ita Mencoba Naik Bus Bandara 

Daerah

DPRD Kabupaten Pekalongan Berikan Jawaban Atas Pendapat Bupati Pekalongan Terhadap Dua Raperda

Daerah

KAPOLRES “SAYA KAGUM KEPADA ANGGOTA SAYA DAN TINDAKAN HEROIK POLSEK KLAKAH”

Daerah

BUPATI “RUMAH DINAS KAMI TERBUKA UNTUK SIAPAPUN DAN SIAPAPUN BOLEH DATANG”

Daerah

Sukseskan Program Pemerintah, Polsek Ngantang Lakukan Pengamanan dan Monitoring Vaksinasi Anak