Kades Sentonorejo Tak Bisa Penuhi Hasil Putusan KIP, Alasan Masih Sibuk – SEKILAS MEDIA

Kades Sentonorejo Tak Bisa Penuhi Hasil Putusan KIP, Alasan Masih Sibuk

Kades Sentonorejo Tak Bisa Penuhi Hasil Putusan KIP, Alasan Masih Sibuk
Kades Sentonorejo Sodiq saat memberikan keterangan kepada wartawan

Mojokerto, Sekilasmedia.com-Sesuai hasil Putusan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Nomor : 162/II/KI.Prov.Jatim-PS-A/2020 tertanggal 20 Februari 2020, LSM BARRACUDA Indonesia selaku pemohon telah memenangkan sidang sengketa informasi publik terhadap Pemdes Sentonorejo. Namun hingga saat ini, hasil putusan tidak dijalankan oleh pihak pemerintah desa Sentonorejo, bahkan terkesan Kadesnya menghilang dan beralasan masih sibuk.

Seperti diketahui, Hadi Purwanto LSM BARRACUDA didampingi kuasa hukumnya Akhmad Zamroni Ummatullah, S.H, S.Pd.I., M.H telah  mendatangi Kantor desa Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Rabu ,(17/12/2021) siang

Hadi Purwanto mengaku, kedatangannya ke kantor desa Sentonorejo untuk menjalankan amar putusan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Nomor: 162/II/KI.Prov.Jatim-PS-A/2020 Jatim, ketika ada dikantor Desa, yang ada hanya  Sekdes Sentonorejo sedangkan Kades Sentonorejo tidak ada dikantor.

Hadi menjelaskan, Putusan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Nomor: 139/I/KIProv.Jatim-PS-A/2020 tertanggal 16 Januari 2020.   Mengabulkan Permohonan Pemohon untuk sebagian, terkait Perdes tentang Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Pemdes Sentonorejo  pada T.A 2015, 2016 dan 2017, 2. Salinan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) terkait Pekerjaan Fisik Bangunan oleh Pemdes sentonorejo tahun 2015, 2016 dan 2017, 3. Salinan SPJ terkait Kegiatan Bidang penyelengara Pemdes, Kegiatan Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa yang dilakukan Pemdes Sentonorejo pada Tahun 2015, 2016 dan 2017,” ujarnya.

Untuk berikutnya, Hadi Purwanto menjelaskan, dalam menempuh langkah – langkah mengajukan permohonan Eksekusi terhadap putusan dari Komisi Informasi Jawa Timur ke PTUN Surabaya. Ia serahkan pada kuasa hukum.

” Permasalahannya dengan Pemerintah Desa  Sentonorejo Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, tentang Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Nomor: 162/II/KI.Prov.Jatim-PS-A/2020 tertanggal 20 Februari 2020 , kami mengajukan permohonan Eksekusi terhadap putusan dari Komisi Informasi Jawa Timur ke PTUN Surabaya.  Melalui kuasa kepada Akhmad Zamroni Ummatullah, S.H, S.Pd.I., M.H.” tandas Hadi

Sementara itu Kades Sentonorejo Sodiq pada wartawan mengatakan, pemdes Sentonorejo bukannya menolak memberikan permintaan LSM BARRACUDA Indonesia , sesuai hasil putusan. Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Nomor: 162/II/KI.Prov.Jatim-PS-A/2020 tertanggal 20 Februari 2020, hanya saja belum bisa sekarang, karena sibuk persiapan akan datangnya Kemenparekraf RI,  ke Ponpes Segoro Agung  yang berada di wilayah Desa Sentonorejo Trowulan,

“ kami tidak menolak putusan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Nomor: 162/II/KI.Prov.Jatim-PS-A/2020 tertanggal 20 Februari 2020, akan tetapi kami minta waktu dulu, karena sibuk kerja dalam waktu dekat akan datang Bapak Menteri Sandiaga Uno ke Ponpes Segoro Agung beserta Bupati Mojokerto dan OPD terkait , soal data yang diminta Barracuda akan segera kami penuhi,” janji Kades.(wo)

SEKILAS MEDIA