Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 19 November 2021 - 14:29 WIB

YJI Malang Raya dan RSSA Malang Bantu Penderita Penyakit Jantung Bawaan

Batu, sekilasmedia.com – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, yang juga merupakan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Malang Raya, melakukan visitasi ke Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu (IPJT) RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, Jumat (19/11).

Yayasan Jantung Indonesia yang bekerjasama dengan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, telah berhasil menangani operasi Rico Yoga Asmara, 16 Tahun, warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Rico Yoga Asmara menderita ASD (Atrial Septal Defect), yaitu penyakit jantung bawaan akibat lubang di dinding jantung. Rico tumbuh normal namun mudah capek dan tidak memiliki stamina layaknya anak-anak pada umumnya. Rico terdiagnosa penyakit jantung bawaan pertama kali ketika berobat ke RS Baptis Batu, untuk keluhan mimisan yang tidak kunjung berhenti. Rico divonis jantung bocor dan harus dioperasi ke Jakarta.

BACA JUGA :   Danrem 082/CPYJ Cek Kesiapan Pendopo Agung Trowulan Dan Gladi Kegiatan Wisuda Purnawiran, Sarasehan Dan Syukuran

Karena biaya yang tinggi, Yayasan Jantung Indonesia membantu Rico untuk melakukan operasi jantung terbuka di Jakarta. Namun, karena infeksi tenggorokan, operasi di Jakarta ditunda. Dengan kerjasama antara YJI dan RSSA, prosedur operasi yang rumit akhirnya bisa dilaksanakan dengan cepat dan sukses.

“Dengan bekerjasama dengan RSSA Malang, kami sangat bersyukur bisa mengoperasi pasien penyakit jantung bawaan yang membutuhkan. Secara ekonomi dan psikologis, pasien dapat beradaptasi lebih cepat. Semoga kedepan RSSA bisa menangani pasien jantung bawaan yang membutuhkan,” ujar Dewanti.

BACA JUGA :   Candra Pambudi Akhirnya Dilantik Menjadi Kades Sumbertanggul Selama 5 Tahun

Menurut Dewanti, YJI menyelenggarakan 4 kegiatan untuk membantu pasien penyakit jantung. Yaitu melakukan kegiatan promotif dengan penyuluhan, kegiatan preventif dengan mencegah melalui klub jantung sehat dan klub jantung remaja.

Selain itu, untuk membantu penderita jantung bawaan kurang mampu, YJI melakukan kegiatan kuratif berupa operasi jantung yang biasanya dilakukan di Jakarta. Dengan bekerjasama dengan RSSA, YJI dapat melakukan kegiatan kuratif dengan lebih mudah.

Selanjutnya, YJI melakukan Kegiatan rehabilitasi untuk memantau pasien sesudah melaksanakan operasi jantung hingga sehat.

(BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Ning Ita Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Tinjau Langsung PTM Terbatas Di 2 Sekolah

Daerah

Sukses..! Konser Dangdut Virtual Digelar DPC-PAMMI Kabupaten Mojokerto
Pemkot Probolinggo Libatkan Kontraktor, Konsultan dan Pengembang Dakam Musrenbang Tematik Infrastruktur

Daerah

Pemkot Probolinggo Libatkan Kontraktor, Konsultan dan Pengembang Dakam Musrenbang Tematik Infrastruktur

Daerah

Sinergitas Babinsa Bersama Babinkamtibmas Dan Petugas KAI Cek Jalur Kereta Api

Daerah

NISA SABYAN MERIAHKAN MALAM PUNCAK HARJALU

Daerah

Dengan Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan Dan Perikanan, Bupati Yani Usulkan Pembangunan SPDN – SPBUN Di 4 Lokasi

Daerah

Babinsa Dorogowok Dukung Pelaksanaan Sedekah Desa

Daerah

Mantan Kasat Binmas Polres Malang Kini Nahkodai Polsek Gedangan