Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / POLISIKU

Sabtu, 20 November 2021 - 05:37 WIB

Terjunkan Bhabinkamtibmas, Imbau Masyarakat Waspadai Demam Berdarah Dengue (DBD)

Gresik, Sekilasmedia.com – Memasuki musim penghujan berdasarkan catatan kesehatan, disertai penyebaran penyakit demam berdarah.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan bahwa penyebaran didominasi wilayah yang padat penduduk.

“Saluran drainase yang kurang baik menjadi tempat favorit perkembangan nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD),” kata AKP Windu.

Maka dari itu pihaknya sengaja menerjunkan Bhabinkamtibmas untuk mengimbau masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan. Harapannya tidak ada genangan air yang menjadi tempat berkembangbiak jentik nyamuk aedes aegypti.

“Saat masuk musim penghujan seperti sekarang ini, mari kita bersihkan lingkungan sekitar kita dari jentik nyamuk agar terhindar dari potensi DBD.” imbaunya ketika diwawancarai awak media,Sabtu (20/11/2021).

BACA JUGA :   Sebanyak Enam Orang Terjaring Operasi Yustisi Polsek Prajuritkulon

Kapolsek Manyar Gresik melakukan koordinasi dengan Puskesmas di wilayah Kecamatan Manyar dalam hal ini Bhabinkamtibmas bersama bidan desa mengedukasi 6 M kepada masyarakat.

Adapun langkah pencegahan DBD antara lain, mengurus bak mandi seminggu sekali, bersihkan juga wadah air. Pasang kasa atau kelambu nyamuk. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama. Kemudian gunakan lotion anti nyamuk, memakai pakaian tertutup saat keluar rumah dan upaya fogging.

Perwira Polisi dengan tiga balok di pundak itu mengaku bersama instansi terkait masih berjibaku dalam penanganan Covid-19. Vaksinasi setiap hari tetap dilakukan di tiap-tiap desa oleh tenaga kesehatan.

BACA JUGA :   Kapolda Jatim Diberi Resep Iman dan Imun oleh ketua MUI jatim di Taman Sidoarjo

Sementara dr Ovaldo Kurniawan selaku Kepala UPT Puskesmas Manyar via pesan WhatsApp dengan awak media menyebut tidak ada peningkatan kasus DBD di wilayah kerjanya, justru mengalami penurunan.

“Pada bulan April 2021 tercatat 2 kasus DBD, Mei 3 kasus, Juni 9 kasus kemudian bulan Juli 2 kasus. Lalu pada bulan Agustus 2 kasus dan Oktober 1 kasus. Sedangkan memasuki musim penghujan bulan November ini justru mengalami penurunan, belum ada kasus DBD.” rinci Aldo.

Sedangkan di wilayah pelayanan Puskesmas Sukomulyo tercatat 1 kasus DBD dan 3 kasus di wilayah Puskesmas Sembayat pada bulan November 2021. Sampai dengan berita ini diunggah, Alhamdulillah tidak ada kematian akibat kasus DBD. (rud)

Share :

Baca Juga

Satlantas Beri Standar Waktu 30 Menit, Dalam Memperpanjang SIM

POLISIKU

Satlantas Beri Standar Waktu 30 Menit, Dalam Memperpanjang SIM

POLISIKU

Pria Paruhbaya Dievakuasi Tim Covid Hunter Polresta Mojokerto Menuju Tempat Isoman

POLISIKU

Covid-19 Resahkan Warga, Kapolsek dan Jajaran Akan Terus Lakukan Pencegahan

POLISIKU

94 Anggota Polresta Mojokerto Naik Pangkat, Digelar Secara Virtual 

POLISIKU

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, SKD dan Aparatur Lumajang Diminta Bersinergi Jaga Keamanan Kewilayahan

POLISIKU

Ops Lilin Semeru 2020, Satlantas Polres Gresik  Patroli Jalur Rawan Laka Lantas Jelang Pergantian Tahun Baru 2021 

POLISIKU

Sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kawal Penyaluran BLT Dana Desa Tahap II

POLISIKU

Kampanyekan Jatim Bermasker, Polres Mojokerto Kota Bagikan Ratusan Masker