Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Pariwara

Selasa, 21 Desember 2021 - 15:09 WIB

Diterjang Banjir, Jalan Utama Wilayah Badung Tergenang

 

Badung,Sekilasmedia.com
Curah hujan dengan kapasitas lebat mengguyur Kabupaten Badung, dan menyebabkan sejumlah wilayah mengalami banjir. Seperti di Badung Selatan, air dengan tinggi hampir rata rata menggenangi disemua Jalan Utama. Diantaranya di Jalan Raya Pantai Kuta, ketinggian memcapai 20 centimeter, alhasil pengendara roda dua harus naik ke atas trotoar untuk dapat melintas.

Sementara di wilayah Badung Utara derasnya hujan mengakibatkan banjir di ruas Jalan Ciung Wanara, Desa Blahkiuh – Desa Dau Yeh Cani Kecamatan Abiansemal. Sangking santernya aliran banjir, beberapa kendaraan roda dua hanyut. Diduga debit air yang tinggi karena saluran di gorong gorong tersumbat.

Putri, warga Blahkiuh mengaku bukan hanya kediaman penuh air, tapi tembok rumahnya juga jebol diterjang banjir. Akibatnya kendaraannya pun ikut kerendam.

“Tembo jebol, perabotan beserta barang barang terendam sumua. Motor juga mati. Sebelumnya memang sering banjir, tapi ini paling parah,” ungkapnya.

Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, mengatakan, banjir yang terjadi di Blahkiuh diakibatkan karena turunnya hujan yang deras yang berlangsung sekitar dua jam. Saat lebat itu, beberapa saluran draenase di wilayah mengalami penyumbatan oleh banyaknya sampah dan material kiriman dari hulu.

“Faktor utamanya debit air hujan yang tinggi dengan kapasitas got terbatas. Kami bersama masyarakat telah bersuadaya¬† membersihkan salauran got yang tersumbat, di pasar Blahkiuh sampai Banjar Kembangsar,” ujar IB Arimbawa di Kantor Camat Abiansemal. Selasa (21/12/2021).

Pasca banjir ini, IB Arimbawa mengaku akan segera bersurat pada Perbekel (Kades)  Blahkiuh beserta Instansi terkait lainnya, untuk bersama sama menindak lanjuti musibah banjir yang terjadi. Pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah ke got.

“Saluran got terutama. Karena bila banyak sampah terus terjadi banjir seperti saat ini maka akan menjadi ancaman kita sendiri,” tutupnya.

Terpisah, Plt Kepala Pelaksana BPBD Badung I Wayan Wirya menjelaskan, tidak hanya di Blahkiuh, intensitas hujan yang deras mengakibatkan sejumlah wilayah di Badung, juga terendam banjir. Seperti di Jalan Kartika Plaza, Kuta, Jalan Raya Kuta, Jalan Sunset Road Kuta dan beberapa tempat lainnya.

Selain itu, di wilayah Badung bencana alam lainnya juga terjadi. Seperti pohon tumbang yang menutupi akses jalan Semuan menuju Desa Canang Sari, Kecamatan Petang. Tembok Pura Prajapati di Banjar Mekar Sari, Desa Selat, Abiansemal ambrol juga banyak bencana alam lainnya.

“Kami BPBD Badung langsung meninjau untuk melakukan penanggulangan bila ada bencana. Kalau bencana alam longsor, pohon tumbang dan yang sudah ada laporan semua kami atensi,” tandasnya. Sony.

Share :

Baca Juga

Pariwara

Mancing di Sungai Pria Dari Bangli Tewas Tenggelam

Pariwara

Bupati Gresik Ajak Generasi Muda Untuk Gelorakan Semangat Perubahan Menjadi Lebih Baik

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Sidoarjo

Pariwara

Yuk…Hadir di Konser Langit dan Malam Assyuro di Gondang

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Madiun

Pariwara

Toko Seniman Peduli; Salurkan Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H ke DPC PAMDI Sidoarjo

Pariwara

DPRD Kab Mojokerto, Menggelar Kegiatan Bimtek di Jakarta.

Pariwara

Literasi Digital Kabupaten Magetan