Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan .

Home / Daerah

Jumat, 11 Februari 2022 - 12:35 WIB

Dinas PUPR Sampaikan Final Asessment Keruntuhan Jembatan Kacangan Kecamatan Benjeng, Tim Ahli : Murni Faktor Alam

Gresik, Sekilasmedia.com – Pemerintah Kabupaten Gresik lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang yang dipimpin Achmad Hadi merampungkan assesment terhadap keruntuhan jembatan Kacangan tanggal 20 Desember 2021 silam.

Hal ini disampaikan pada hari Jum’at (11/02/2022), dihadapan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman beserta jajaran Forkopimda, Camat Benjeng Sayib bersama Muspika, juga segenap stakeholder dan awak media.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya saat membuka acara menjelaskan bahwa berbagai dugaan awal yang ada, harus bisa dijawab dengan kajian. Kejadian runtuhnya jembatan yang dibangun pada tahun 2001 sepanjang 90 meter ini, terdapat beberapa dugaan awal yang kemudian diuji oleh tim ahli untuk menentukan penyebab utama.

“Dengan keluarnya hasil asessment dari tim ahli terkait runtuhnya jembatan Kacangan tersebut, maka bisa didapat rekomendasi mengenai bagaimana rencana pembangunan jembatan baru sekitar bulan April setelah melalui proses lelang, mengingat jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” jelas Bupati Yani.

 

Dugaan pertama yang diuji oleh tim ahli dan Dinas PUPR adalah terjadinya penurunan pondasi (tiang pancang) secara tiba-tiba sedalam ± 4 meter, karena daya dukung pondasi tiang pancang tidak mencukupi.

 

Berangkat dari dugaan pertama tersebut, tim ahli menemukan bahwa daya dukung pondasi tersebut masih aman, sehingga disimpulkan dugaan pertama tidak terbukti.

 

Dugaan berikutnya adalah tiang pancang patah (buckling) secara tiba-tiba akibat terjadi penambahan panjang tekuknya diakibatkan karena gerusan (scouring). Pun juga setelah dilakukan pengujian dugaan kedua tersebut juga tidak terbukti.

 

Dugaan terakhir adalah adanya gerusan di dasar sungai menyebabkan kuat geser tebing melemah hingga menimbulkan longsor (rotasional sliding) pada sisi tebing sungai dan menghantam tiang pancang pilar sehingga terjadi runtuh seketika.

 

Dari dugaan terakhir ini, tim ahli akhirnya menemukan titik terang penyebab runtuhnya jembatan. Hal ini dibuktikan dengan kesesuaian antara bukti visual dan analisis yang ada berdasarkan kajian tim ahli.

 

“Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa penyebab utama keruntuhan jembatan Kacangan adalah karena dugaan ketiga yaitu terjadi longsor tebing yang menghantam pondasi jembatan sehingga meruntuhkan pilar jembatan. Dan bisa dikatakan bahwa tidak ada kesalahan desain dan ini terjadi murni karena faktor alam,” ujar tim ahli. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Puluhan Warga Belajar Paket B dan C PKBM Insan Cendekia Ujian PAT

Daerah

Wakapolres Ngawi Tutup Pertandingan Bola Volly HUT Polwan Ke-74 Dan HKGB Ke-70

Daerah

Dekranasda Sidoarjo Gelar Fashion Show Promosikan Produk UMKM

Daerah

Antisipasi Keadaan Darurat SMA TRASANDA Betruk Team Tanggap Darurat

Daerah

Pasar Murah, Sediakan 2.880 Paket Sembako Saat Safari Ramadhan Diserbu Pembeli

Daerah

Masa Jabatan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Berakhir, Mas Pj: Pemimpin Perempuan Penuh Gebrakan dan Pembawa Perubahan

Daerah

Masuki Musim Hujan, Pemkab Lamongan prioritaskan Mitigasi Bencana

Daerah

Ini Yang dilakukan Kapolresta Mojokerto AKBP Deddy Supriadi Jelang Pindah Tugas ke Para Kyai