Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Senin, 14 Februari 2022 - 13:54 WIB

Bupati Gresik Bertemu Dengan Sejumlah Pengusaha, Pastika Serapan Tenaga Kerja Lokal Jadi Prioritas

Gresik, Sekilasmedia.com – Sebagai kawasan strategis investasi nasional menjadikan Kabupaten Gresik sebagai lokasi primadona para investor dalam mengembangkan industi. Namun sayangnya, tingginya nilai investasi dan banyaknya perusahaan ataupun industri di Gresik saat ini tidak diimbangi dengan penyerapan tenaga kerja lokal. Akibatnya angka pengangguran yang didominasi masyarakat lokal Gresik terbilang masih sangat tinggi.

Melihat kondisi saat ini, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengundang sekaligus mengajak sejumlah perusahaan untuk berdiskusi dalam upaya mengurangi angka pengangguran yang masih tinggi tersebut. Pertemuan dengan sejumlah perwakilan perusahaan tersebut dilakukan di aula Pudak Galeri Gresik, Senin (14/2/2022).

Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik menyampaikan bahwa Kabupaten Gresik menjadi perhatian khusus di Jawa Timur terkait dengan banyaknya industri baik skala kecil hingga skala besar. Ini seakan menjadi harapan bagi semua masyarakat Gresik agar dapat bekerja

“Gresik ini industrinya banyak, nilai investasinya juga tinggi. Namun sayangnya penyerapan tenaga kerjanya masih belum tampak memprioritaskan masyarakat lokal. Padahal banyaknya industri ini menjadi harapan masyarakat agar dapat bekerja. Untuk itu kami ajak bapak dan ibu sekalian untuk mengatasi kondisi seperti saat ini,” kata Gus Yani.

Ia melanjutkan, tingginya angka pengangguran saat ini menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh stakeholder terkait. Ia meminta untuk adanya kolaborasi dan koordinasi yang intens.

“Ini merupakan tanggung jawab bersama, artinya tidak hanya pemerintah saja yang di tuntut menyelesaikan persoalan yang ada saat ini, namun juga stake holder dan unsur terkait untuk bisa saling kolaborasi.

Di sisi lain, Bupati Gresik ke 15 ini menegaskan bagi apabila investor yang ingin mendirikan perusahaan di Gresik, salah satu syarat yang harus terpenuhi adalah penyerapan tenaga kerja lokal.

“Ke depan saya ingin memastikan bahwa investor yang ingin mendirikan perusahaan di Gresik, maka masyarakat lokal harus diutamakan. Namun apabila tidak sanggup memenuhi, maka pemerintah akan mengambil sikap tegas sesuai dengan kewenangan kami. Dan saya tekankan, ini bukan warning, namun saya selaku pemerintah daerah mengajak kepada perusahaan-perusahaan untuk mempunyai sikap peduli kepada pengurangan pengangguran di Kabupaten Gresik,” tegasnya.

Yang paling penting menurut Gus Yani adalah bagaimana pemerintah dan juga pemangku kepentingan serta perusahaan mempunyai kepedulian serta memberi manfaat yang terbaik bagi masyarakat Gresik. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kemitraan Triplehelix Untuk Tingkatkan Kualifikasi Lulusan UISI Dalam Dunia Usaha

Daerah

Pangdam V/Barawijaya Bersama Kapolda Jatim Tinjau Kesiapan Kunker Panglima TNI dan Kapolri di Sumenep
Disperindag Kabupaten Probolinggo Sosialisasikan Aplikasi Pemasaran Online

Daerah

Disperindag Kabupaten Probolinggo Sosialisasikan Aplikasi Pemasaran Online

Daerah

Polisi Duduk Bersama Nelayan Sosialisasi Larangan Penggunaan Trawl 

Daerah

Kunjungi Kabupaten Sampang, Wali Kota Study Referensi Capaian MCP BERITA TERBARU 04 October 2021

Daerah

Bupati Buka Musyawarah KBPP Polri di Arul Batin

Daerah

Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Penyampaian Penjelasan Bupati Blitar Terhadap Nota Keuangan tentang Rancangan APBD Kabupaten Blitar Tahun Anggaran 2022 & Ranperda Usulan Eksekutif

Daerah

MARAK WABAH PMK, WALI KOTA PASTIKAN HEWAN TERNAK DI KOTA MOJOKERTO SEHAT DAN AMAN KONSUMSI