Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 14 Maret 2022 - 23:29 WIB

Ini yang Disampaikan Kapolres Asahan Saat Menghadiri Rakor Percepatan Vaksinasi Covid-19

Asahan, Sekilasmedia.com – Menjelang bulan suci ramadhan tahun 1443 H dan hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Asahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam membahas percepatan vaksinasi dosis I, II dan III (Booster) di gedung Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, Senin (14/3/2022).

Rakor tersebut dihadiri Asisten I Buwono Prawana, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Frenki Susanto dan beberapa OPD Kabupaten Asahan.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Buwono Prawana mengharapkan kerjasama semua pihak dalam melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19, khususnya dosis II.

“Kami mengharapkan kerja sama kita dalam hal percepatan vaksinasi ini, khususnya dosis II,” ucap Buwono.

Ditempat yang sama, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira menjelaskan, bahwa percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan saat ini, khususnya dosis II masih sangat rendah.

“Maka dari itu, marilah kita bergandengan tangan dan kita tunjukkan tanggung jawab kita, dimana semua ini demi kesehatan masyarakat Kabupaten Asahan,” ujarnya.

Kemudian, ia juga mengatakan, hal yang menjadi perhatian saat ini adalah data terkonfirmasi Covid-19 yang Meninggal Dunia (MD) sebanyak 17 orang, dengan rincian 10 orang belum divaksin dan 7 orang telah divaksin dosis I.

“Artinya masyarakat harus vaksin dosis II dan Booster untuk terhindar dari virus Covid-19. Sedangkan untuk oksigen, vitamin/obat-obatan, dan tempat isolasi sudah mumpuni dan cukup baik,” jelasnya.

Ia menilai, masih kurangnya capaian vaksinasi dosis II di Kabupaten Asahan. Hal itu dikarenakan rendahnya capaian vaksin dari kecamatan, dimana saat ini masih sangat jauh jarak antara dosis I, II dan Booster.

Oleh karena itu, ia menegaskan, agar dalam 1 minggu kedepan, dosis II dapat mencapai minimal 70%.

“Terima kasih untuk Kadis Dukcapil yang kemaren sudah bekerja dalam hal mendapatkan data masyarakat Kabupaten Asahan yang belum divaksin dosis I, dosis II dan Booster,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan istilah Drop Out yang artinya lewat dibawah 6 bulan boleh disuntikan dengan jenis yang berbeda dengan vaksin dosis II. Sedangkan diatas 6 bulan, harus diulangi dengan vaksin dosis I yang berbeda jenisnya.

Sementara itu, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Frenki Susanto berharap agar dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini tidak ada yang egois dan tidak mau tau.

“Kita sudah dikejar waktu pada saat lebaran, nantinya masyarakat kita akan berpergian (mudik) yang mana sudah terlihat adanya kelonggaran dari pemerintah, tidak ada lagi melakukan swab antigen/swab PCR untuk penguna kereta api maupun pesawat yang sudah divaksin dosis I, dosis II dan Boster, sehingga kita harus bekerja sama dalam hal percepatan vaksinasi ini,” katanya.

Terakhir, Dandim 0208 Asahan meminta kepada seluruh pihak agar tetap semangat dalam melaksanakan tugas ini. Dimana, kegiatan ini merupakan dukung kepada pemerintah dalam penanggulangan virus Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). (Dodi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Wujud Bakti Sosial, Kapolres Pasuruan Bagikan Al-Quran Kepada Takmir Masjid Polres Pasuruan

Daerah

Bupati Ikfina Sambut Kedatangan Siswa SD Kiddoz Kenalkan UPT Pesanggrahan PMKS Majapahit Mojokerto

Daerah

Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19, Jatim Lakukan Capaian Vaksinasi Booster Tertinggi Secara Nasional

Daerah

AUDIENSI FORKOMPIKA PASIRIAN DENGAN MASYARAKAT SELOK AWAR — AWAR –SELOK ANYAR BERJALAN LANCAR

Daerah

Polisi Ajak Pelaku Penganiayaan di Tulungagung Minta Maaf Kepada Orangtuanya

Daerah

Bupati Sidoarjo Siapkan 1.300 Vaksin Bagi frontliner Bandara Juanda

Daerah

Danrem 082/ CPYJ Hadiri Buka TMMD KE 111 TA 2021 di Wilayah Kodim 0814/Jombang

Daerah

Komisi IV DPRD Gresik Sebut Pelayanan RSI Mabarrot MWC NU Bungah Semakin Meningkat