Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 23 Maret 2022 - 09:34 WIB

Mak Rini Minta Meninves-BKPM Bantu Perbaikan Perlintasan Jalan ke PT RMI

 

Blitar, Sekilasmedia.com-Kementerian Investasi-Badan Koordinasi Penanaman Modal (Meninves/BKPM) segera berkordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), untuk memperbaiki jalan Brongkos-Binangun, Kabupaten Blitar, yang rusak dan menggangu transportasi tebu yang mensuplai ke pabrik gula PT Rejoso Manis Indo (RMI).

Kesepakatan itu dicapai setelah, Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah melakukan pertemuan dengan Yos Harmen, Direktur Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Wilayah IV, Kementrian Investasi-Badan Koordinasi Penanaman Modal, di Jakarta, belum lama ini. Dukungan serupa datang dari Imam Soejoedi, Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Menives-BKPM.

Dalam pertemuan itu, Mak Rini didampingi, Kepala Bappeda, Jumali, SPd.,MAP, Kepala BPKAD, Kurdiyanto, SE.,MM, Drs Rully Prestiwanto, H Zaenal Arifin, Ketua Dekranasda, H Mohammad Adib dan Dr Sigit Purnomo, ST, dari TP2ID.

‘’Dalam kondisi saat ini, mencari investasi tidak mudah, itu sebabnya yang ada ini harus kita bantu kalau ada masalah. Terkait jalan kita fasilitasi dengan Kemen PUPR. Tolong diusulkan, kami nanti yang akan koordinasikan dengan kementrian terkait, termasuk dengan Kemenko Maritim dan Kemenko Perekonomian,’’janji Yos, pangilan akrab Yos Harmen.

Bupati Mak Rini berharap, keberadaan investasi tidak membebani fiscal daerah yang saat ini dalam kondisi menurun, namun memberikan efek positif terhadap pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Blitar. ‘’Dan yang penting juga menyerap tenaga kerja yang ujung-ujungnta meningkatkan pendapatan masyarakat. Itu sebabnya saya datang sendiri ke Meninves BKPM agar persoalan ini bisa selesai,’’katanya.

Mak Rini juga berharap agar keberadaan PT RMI juga memberikan kontribusi kepada pendapatan asli daerah (PAD), tidak hanya berupa pajak pendirian dan PBB saja yang hanya beberapa kali, tapi juga bentuk-bentuk lain. ‘’Misalnya CSR nya diperbesar dan kemitraan diperluas,’’kata Mak Rini yang juga Wakil Ketua DPW PKB Jatim ini.

Dalam surat proposal yang disampaikan ke Men PUPR, perbaikan jalan yang diusulkan untuk diperbaiki adalah ruas jalan Brongkos-Ngembul; ruas jalan Ngembul-Binangun; ruas jalan Ngembul-Kedungwungu dan ruas jalan Binangun-Sumberkembar.

Sementara itu dalam suratnya yang dikirim ke Presiden Jokowo, selain perbaikan jalan Brongkos-Binangun, PT RMI minta agar sepanjang jalan itu dinaikan statusnya dari kelas III ke kelas I. ‘’Apabila ada dukungan transportasi itu terealisasi, pencapaian kami kapasitas 10.000 ton cane per day (TCD) dapat tercapai,’’ungkap Syukur Iwantoro, Plt Dirut PT MRI dalam suratnya yang ditujukan kepada Presiden RI, tanggal 17 Maret 2022.

Syukur menjelaskan, dampak lain dari peningkatan jalan itu adalah peningkatan jumlah mitra petani pemasok tebu ke RMI meningkat menjadi 1.500 orang. ‘’Ini akan meningkatkan produksi sebesar 1.300 ton atau senilai Rp 1,01 trilyun,’’kata Syukur.

Sementara itu, Dr Ir Slamet Sudarsono, Deputi Bidang Polhukam, Bappenas, akan mengawal usulan perbaikan jalan Brongkos-Binangun yang disampaikan Pemkab Blitar. ‘’Kita kawal, karena jalan yang diusulkan itu merupakan jalan sirip pansela yang merupakan proyek strategis,’kata Slamet, dalam pertemuan dengan Bupati Blitar Hj Rini Syarifah di Gedung Bappenas, Jalan Untung Suropati, Jakarta. ddg

Share :

Baca Juga

Daerah

Wujudkan Polri Presisi, Polsek Ngunut Beri Bantuan Semen Untuk Pembangunan Kubah Masjid

Daerah

Satlantas Polres Probolinggo Kota Kembali Bagikan Nasi Bungkus Serta Masker di Sepanjang Jalan

Daerah

Fokus Tingkatkan Mutu Pelayanan Dan Pemantapan UHC

Daerah

POLANTAS PEDULI, Gunakan Perahu Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Dan Terisolir Akibat Banjir

Daerah

Bupati Yani Ajak IKA UNAIR Untuk Berpartisipasi Dalam Pembangunan di Kabupaten Gresik

Daerah

Polres Gresik Tangkap Komplotan Jambret FC dan Veteran

Daerah

Mimik Idayana Berhasil Menduduki Kursi Dewan Sidoarjo

Daerah

Kapolres Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2023