Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Peristiwa

Rabu, 30 Maret 2022 - 08:01 WIB

Disperindag Kabupaten Pasuruan Pantau IKM Di Lereng Gunung Bromo

Pasuruan, Sekilasmedia.com – Rabu (30/03/2022) Kabupaten Pasuruan Terkenal memiliki wilayah yang sangat luas, dari kawasan pantai hingga pegunungan. Ini mengakibatkan potensi alam yang melimpah, contohnya saja dari sektor Industri Kecil Menengah (IKM), yang banyak memanfaatkan hasi laut hingga perkebunanan.

Kecamatan Tutur merupakan suatu wilayah yang terletak di Kabupaten Pasuruan, yang terletak di lereng gunung Bromo. Banyak hasil perkebunan yang melimpah. Dari Kopi, Cengkeh, belum ada yang tahu bahwa kecamatan tututr termasuk merupakan wilayah penghasil buah apel diwilayah Kabupaten Pasuruan.

Karena Produksi Apel di Kecamatan ini cukup tinggi, hingga saat panen raya datang, harga apel menjadi anjlok dan terkadang menumpuk dan akhirnya menjadi busuk.

Melihat fenomena itu, salah satu warga prihatin dan mencari solusi, bagaimana agar bisa memanfaatkan fenomena tersebut.

“pada awalnya saya melihat apel melimpah dengan harganya anjlok, sehingga saya prihatin dan ingin memanfaatkan momen itu” uangkap Kholifah Pemilik IKM Pengolahan Apel

Kholifah pun menambahkan pemasarannya masih di sekitaran Kabupaten Pasuruan, dan beberapa kota tetangga, serta beberapa kota di Jawa Tengah.

“awalnya saya titipkan ke teman untuk dibawa ke surabaya, dan sampai saat ini pemasaran produk kami hanya di Kabupaten Pasuruan, dan daerah tetangga seperti malang, dan surabaya, dan alhamdulillah sekarang semarang dan beberapa kota di jawa tengah jadi tujuan pasar kita” imbuhnya.

Olahan Sari Apel yang memiiki Merk “Payaman” sudah menggunakan mesin canggih dan modern dan sudah memiliki Izin Edar BPOM Sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, sangat senang dan berharap Masyarakat Kabupaten Pasuruan, bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada di sekitar.

“kami sangat senang terhadap masyarakat yang peka dengan lingkungan sekitar, memberikan solusi saat ada permasalahan di masyarakat, seperti IKM olahan Apel yang bisa melihat peluang seperti itu” papar Diano Vela Fery Santoso.

Beliau juga berharap akan adanya IKM – IKM lain, yang memberikan inovasi usaha kreatif dan bermanfaat, sehingga dapat menggali potensi sumber daya alam, yang dimiliki Kabupaten Pasuruan. (han/iL)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Tuntut Pilkades Ulang, Warga Gayaman Lakukan Aksi Unjuk Rasa

Peristiwa

Visi Misi Calon Kades Sekargadung No Urut 2, di Protes Warga

Peristiwa

Pria Asal Surabaya Tewas Di Obyek Wisata Air Panas Pacet.

Peristiwa

Bayi Yang Dibuang Berjenis Kelamin Laki – laki.
Pabrik Pengolahan Kayu di Probolinggo Dilalap Si Jago Merah

Peristiwa

PT HWI Yang Bekerja Dibidang Pengolahan Kayu di Probolinggo Terbakar

Peristiwa

DI PASTIKAN TAK ADA UNSUR PEMBUNUHAN, DENGAN TEMUAN MAYAT WANITA DISUNGAI SENDURO
Bupati Tinggalkan Kota Dua Bulan, Ratusan Mahasiswa Obrak Abrik Kantor Bupati Pamekasan

Peristiwa

Bupati Tinggalkan Kota Dua Bulan, Ratusan Mahasiswa Obrak Abrik Kantor Bupati Pamekasan
Ormas Islam Probolinggo Lakukan Demo Terkait Penutupan Dua Tempat Karaoke di Probolinggo

Peristiwa

Ormas Islam Probolinggo Lakukan Demo Terkait Penutupan Dua Tempat Karaoke di Probolinggo